Gua Ashabul Kahfi, Wisata Religi Kisah 7 Pemuda Tertidur Selama 309 Tahun

Violleta Azalea Rayputri, Jurnalis · Senin 12 April 2021 14:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 12 408 2393081 gua-ashabul-kahfi-wisata-religi-kisah-7-pemuda-tertidur-selama-309-tahun-6TGQaGFFtU.jpg Gua Ashabul Kahfi di Yordania (Istimewa)

GUA Ashabul Kahfi begitu tenar. Kisah tujuh pemuda saleh dan seekor anjing setia yang tertidur dalam gua selama 309 tahun diabadikan dalam dalam Alquran Surah Al Kahfi Ayat 9-26. Gua itu kini menjadi destinasi wisata religi yang sering dikunjungi wisatawan dari berbagai negara.

Gua Ashabul Kahfi diyakini ada di ujung Desa Rajib, Kota Abu Alanda, Yordania. Gua tersebut adalah saksi bisu kisah Ashabul Kahfi yang tertidur selama tiga abad saat menyelamatkan diri dari raja yang zalim.

Baca juga: 5 Destinasi Wisata Populer Yordania, Keajaiban Dunia hingga Lokasi Syuting Film Hollywood

Di gua itu lah, tujuh pemuda ditidurkan oleh Allah SWT karena mempertahankan agama dan keimanan mereka.

Dilansir dari laman Lonely Planet, gua ini terdiri dari beberapa bagian. Ada gua utama yang dikenal dengan nama Ahl Al Kahf adalah delapan kuburan kecil yang disegel.

ilustrasi

Meskipun tertutup, tapi ada lubang di dalamnya, di mana Anda dapat melihat kerangka tubuh manusia. Disebutkan dalam Alquran, gua itu menjadi tempat berlindung para pemuda yang melarikan diri karena kekejaman Raja Dikyanus.

Mereka diancam hukuman mati karena menolak perintah yang menyuruh mereka untuk menyembah berhala. Karena mempertahankan keimanannya, mereka pun ditidurkan oleh Allah SWT selama 309 tahun Hijriah atau 300 tahun Masehi.

Baca juga: Bak Istana Negeri Dongeng, Keajaiban Arsitektur Masjid Ini Bisa Memukau Turis

Di dekat pintu gua ditemukan kerangka rahang atas anjing yang diriwayatkan ikut bersama dan menjaga mereka.

“Ashabul Kahfi tujuh orang tertidur di sini 309 tahun, kalo anjing tidur di luar,” kata Syeikh Mahmud, pemandu wisata Gua Ashabul Kahfi yang dikutip dari channel Youtube BROIM.

Di atas dan di bawah gua terdapat sisa-sisa dari dua masjid yang pernah di bangun pada masa kerajaan Abassiyah yang hingga kini masih bisa digunakan.

Sekitar 500m di sebelah barat gua terdapat pemakaman Bizantium yang besar namun sedikit tidak terawat. Di sebelah kanan gua terdapat kompleks masjid baru yang besar di desa Rajib, lumayan jauh dari jalan dari Amman ke Sabah.

Beberapa sumber mengatakan bahwa ada puluhan lokasi di dunia yang diklaim menjadi lokasi sesungguhnya dari gua Ashabul Kahfi.

ilustrasi

Ada yang bilang bahwa peristiwa ini terjadi di wilayah Suriah, ada juga yang bilang di Efesus. Namun, berdasarkan pendapat beberapa ahli, lokasi yang paling sesuai dengan yang tertulis di Alquran adalah yang berada di Yordania ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini