Wisata Religi, Melihat Wujud Rumah Nabi Muhammad SAW

Violleta Azalea Rayputri, Jurnalis · Senin 12 April 2021 17:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 12 408 2393170 wisata-religi-melihat-wujud-rumah-nabi-muhammad-saw-GpIic5eqTz.jpg Replika Rumah Nabi Muhammad SAW di Madinah (islamtics.com)

RUMAH Nabi Muhammad SAW berada di Madinah, Arab Saudi. Posisinya persis di Makam Rasulullah yang kini sudah berada dalam Masjid Nabawi, masjid yang dibangun langsung oleh Nabi Muhammad saat hijrah dari Makkah.

Masjid Nabawi begitu istimewa di kalangan umat Islam. Nabawi satu dari tiga masjid paling agung kedudukannya di muka bumi. Dua lagi adalah Masjidil Haram di Makkah dan Masji Al Aqsa di Yarusalem.

Baca juga: Wisata Religi, 4 Masjid Paling Suci di Bumi Tempat Nabi Muhammad Beribadah

Masjid Nabawi termasuk destinasi wisata religi para peziarah Muslim dari seluruh dunia, terutama para jamaah haji maupun umrah. Selain untuk beribadah di Masjid Nabi, jamaah juga berziarah ke Makam Rasulullah dan sahabat dekatnya; Abu Bakar dan Umar bin Khattab.

Dahulu kala, Rumah Nabi Muhammad berdempetan dinding dengan Masjid Nabawi. Sekarang, Rumah Rasulullah sudah menyatu dalam masjid. Lokasinya tepat di Makam Rasulullah yang sering dikunjungi peziarah.

ilustrasi

Replika salah satu sudut rumah Nabi Muhammad (islamtics.com)

Replika Rumah Nabi Muhammad bisa dilihat di Museum Nabi Muhammad SAW di Madinah. Dari replika itu terlihat, rumah Rasulullah bergaya zaman dulu layaknya rumah-rumah di wilayah gurun pasir. Sangat sederhana. Beralaskan tanah dan beratap pelepah kurma.

Seperti apa potret rumah Nabi Muhammad? Berikut ulasannya yang dirangkum Okezone dari berbagai sumber :

1. Berukuran kecil dan sederhana

Replika Rumah Nabi Muhammad SAW bisa dilihat di Museum Nabi Muhammad SAW yang terletak di depan Gerbang 8 Masjid Nabawi.

Museum ini juga berisi segala hal terkait dengan kehidupan Rasulullah. Mulai dari sejarah dan silsilah, peristiwa hijrah, serta biografi. Pembuatan diorama Rumah Nabi pun didasarkan oleh Alquran, hadist, dan hasil penelitian.

Baca juga: Ini Alasan WHO Akui Madinah sebagai Kota Tersehat di Dunia

Rumah Nabi Muhammad digambarkan letaknya di dekat Masjid Nabawi. Berbentuk persegi panjang ukuran 8×4 meter. Dindingnya terbuat dari tanah liat, sedangkan atapnya terbuat dari pelepah kurma.

2. Kamar Nabi Muhammad

Ruangan rumah dibagi menjadi dua bagian, ruang pertama dengan luas 5×4 meter berfungsi sebagai tempat istirahat sekaligus ruang serbaguna, sedangkan sisanya digunakan sebagai halaman rumah yaitu 3×4 meter.

Dilansir dari Islamtics.com, pintu masuk rumah Nabi berupa gorden.

“Tamu yang datang tidak mengetuk. Mereka memanggil namanya. Disebutkan dalam Surat Alhujurat,” tulis laman Islamtics.

Ada tombak, busur, panah, dan pedang, lalu ada tongkat yang beliau gunakan untuk bersandar, berjalan dan memberikan khutbah. Barang lainnya termasuk panci air yang terbuat dari kulit dan turban. Sedangkan bantal yang digunakan oleh Nabi untuk tidur adalah batu bata.

Setelah Rasulullah wafat, beliau dimakamkan di kamar di mana ia beristirahat selama hidupnya. Di kemudian hari, makam Rasulullah juga disandingkan dengan dua sahabatnya, yakni Abu Bakar As-Shiddiq dan Umar bin Khattab.

3. Masjid Nabawi aslinya

Dalam perjalanan hijrah dari Mekkah ke Madinah, Rasulullah SAW sempat menghentikan perjalanannya dan mengistirahatkan unta tunggangannya di lokasi penjemuran buah kurma milik anak yatim dua bersaudara Sahl dan Suhail bin ‘Amr.

ilustrasi

Rasulullah SAW pun membelinya untuk dibangunkan Masjid Nabawi dan tempat kediaman beliau.

Bersama sahabat dan kaum Muslimin, Nabi Muhammad SAW membangun masjid yang awalnya hanya berukuran sekitar 50 m × 50 m, dengan tinggi atap sekitar 3,5 m.

Tembok di keempat sisi masjid terbuat dari batu bata dan tanah, sedangkan atapnya terbuat dari daun kurma, dan tiang-tiang penopangnya terbuat dari batang kurma. Sebagian atapnya dibiarkan terbuka begitu saja.

Di salah satu sisi masjid, dibangun kediaman Nabi yang tidak lebih besar dan tidak lebih mewah dari keadaan masjidnya, hanya saja dibuat lebih tertutup.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini