3 Bulan Jatuhnya Sriwijaya Air SJ-182, Rekaman Percakapan Capt Afwan Berhasil Diunduh

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 13 April 2021 15:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 13 406 2393946 3-bulan-jatuhnya-sriwijaya-air-sj-182-rekaman-percakapan-capt-afwan-berhasil-diunduh-WF9wXx6iPU.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

DATA kotak hitam atau black box berisi Cockpit Voice Recorder (CVR) Sriwijaya Air SJ-182 berhasil diunduh.

Komite Nasional Keselamatan Konstruksi kini pun mulai menyelidiki jatuhnya Sriwijaya Air SJ-182, lewat rekaman sang pilot, Captain Afwan.

Diungkapkan Investigator KNKT Ony Soerjo Wibowo, hasil download tersebut didapatkan rekaman percakapan penerbangan selama 2 jam. Termasuk percakapan penerbangan yang mengalami kecelakaan.

Baca Juga: Jembatan Merah Bisa Jadi Kawasan Wisata Heritage Surabaya

“Sudah didownload, cuma saya belum mendengarkan semuanya," ujar Investigator KNKT Ony Soerjo Wibowo kepada MNC Portal Indonesia, Selasa (13/4/2021).

 cvr

Tim investigator KNKT mengaku, saat ini mereka baru mendengarkan sedikit data rekaman black box tersebut. Sehingga untuk detail hasilnya belum tahu lebih lanjut.

Baca Juga: Melihat Tradisi 'Munggahan' Sambut Ramadhan Diaspora Indonesia di Inggris Raya

"Saya mendengarkan sedikit karena saya cuma mau mastikan datanya ada atau tidak detailnya saya belum tahu,” imbuhnya.

Sebagai informasi, KNKT berhasil mengunduh seluruh 4 channel dari CVR, namun untuk di channel 4 pada CVR mengalami gangguan. Meskipun demikian, berdasarkan rekaman yang ada tersebut, telah menambah data penting bagi investigasi yang hasilnya nanti akan disampaikan dalam laporan akhir (final report).

(dwk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini