Terbuat dari Kayu, Masjid Berusia 245 Tahun Ini Masih Kokoh Berdiri

Zainal Tanjung, Jurnalis · Selasa 13 April 2021 18:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 13 408 2393907 terbuat-dari-kayu-masjid-berusia-245-tahun-ini-masih-kokoh-berdiri-u0xrZLmclh.jpg Masjid Ar-Rahman di Desa Ujung Baka, Kecamatan Wampu, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (iNews/Zainal)

KABUPATEN Langkat, Sumatera Utara banyak menyimpan jejak–jejak penyebaran Islam. Salah satunya yang masih dapat dipergunakan adalah Masjid Ar-Rahman yang diyakini didirikan sekitar tahun 1775 Masehi.

Masjid Ar-Rahman yang berada di Desa Ujung Baka, Kecamatan Wampu, Kabupaten Langkat hingga kini masih berdiri kokoh dengan gaya arsitektur tradisional. Terakhir direnovasi pada 2017.

Baca juga: Wisata Religi, Melihat Wujud Rumah Nabi Muhammad SAW

Masjid yang terbuat dari kayu dan berbentuk pangung seperti umumnya rumah–rumah adat Melayu ini diperkirakan berusia 245 tahun. Sayangnya tidak ada bukti sejarah kapan masjid ini pertama kali didirikan.

Melihat isi dalam masjid, seperti membuktikan kebenaran usia masjid yang sudah lebih 2 abad.

Ukiran masjid berupa bintang segi delapan, tiang kayu, lantai masjid dari kayu, serta mimbar masjid, merupakan bangunan asli sejak masjid didirikan.

Baca juga: Bak Istana Negeri Dongeng, Keajaiban Arsitektur Masjid Ini Bisa Memukau Turis

Hanya sebagian dinding kayu masjid yang pernah di renovasi dan atap masjid di ganti.

Di dalam masjid juga terdapat tiang menuju bagian atas masjid yang dulunya dipergunakan untuk melakukan adzan setiap kali waktu salat fardhu sudah masuk.

Menurut Adham, penjaga Masjid Ar-Rahman, pendiri masjid ini merupakan beberapa orang ulama terkenal di antaranya Syekh Baka yang mempunyai banyak murid hingga sampai ke luar langkat dan Sumatera Utara.

Kayu-kayu bahan bangunan awal masjid ini berasal dari Pulau Penang, Malaysia yang diangkut memakai perahu–perahu waktu itu.

“Ini dari Penang, (diangkut) pakai perahu,” katanya.

 ilustrasi

Masjid Ar-Rahman hingga kini masih terus digunakan warga untuk ibadah.

Masjid ini memerlukan perawatan khusus mengingat bahannya dari kayu dan usianya sudah lebih 2 abad.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini