Berburu Menu Buka Puasa Legendaris di Jakarta, Ini 5 Pilihannya

Gracella Kezia, Jurnalis · Rabu 14 April 2021 15:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 14 301 2394501 berburu-menu-buka-puasa-legendaris-di-jakarta-ini-5-pilihannya-3PiSIuEVcP.jpg Soto Betawi. (Foto: Instagram/@sotomahruf)

MEMILIH menu buka puasa di Jakarta yang enak tidaklah sulit. Bahkan Anda bisa berkunjung ke deretan tempat makan legendaris yang masih eksi.

Selain karena telah berpengalaman, jejeran santapan tersebut pastinya memiliki kualitas rasa yang tidak perlu dipertanyakan lagi. Anda bisa berkunjung bersama keluarga atau teman-teman.

Berikut Okezone memiliki 5 saran tempat makan legendaris untuk berburu menu buka puasa. Yuk simak!

Ragusa Italian Ice Cream

 ragusa

Dikutip dari unggahan @tirta_lie di Instagramnya, es krim legendaris ini berawal ketika Ragusa bersaudara yang merupakan keturunan Italia yaitu Luigi, Vincenzo, Pascuale, dan Fransisco Ragusa mempunyai kedai Ragusa Es Italia pada 1932 di Jalan Veteran Jakarta. Hingga akhirnya kepemilikannya berpindah tangan pada 1974 kepada Sias Mawarni.

Baca Juga: Inilah 5 Kuliner Palembang Paling Diburu Selama Ramadan

Makanan legendaris ini bisa banget jadi makanan ringan untuk berbuka puasa bersama orang tersayang. Menunya pun beragam salah satunya es krim berbentuk spageti yang merupakan ikon negara Italia, dan es krim banana split yang terdiri dari 3 varian rasa es krim dan potongan buat pisang segar.

Soto Betawi Haji Ma’ruf

 

Diklaim sebagai salah satu pelopor soto Betawi pertama, restoran yang berada di Jalan Pramuka Raya ini telah berdiri sejak 1940-an. Menurut unggahannya di Instagram @sotohmaruf, soto ini merupakan Soto Betawi dengan santan susu pertama, sehingga menjadikan Soto Betawi ini menjadi yang paling orisinil dan tidak pernah merubah rasa sejak pertama didirikan.

Selain menu Soto Betawi, restoran ini juga memiliki berbagai menu lain yang tidak kalah sedap loh. Ada Sate Sapi, Laksa Betawi, Sate Kambing, dan masih banyak lagi. Untuk anda yang berpola hidup sehat, restoran ini bisa jadi pilihan utama untuk anda pasalnya, restoran ini tidak menggunakan MSG pada masakannya.

Mie Ayam Gondangdia

 mi ayam

Untuk kamu pencinta mi, wajib mencicipi mi ayam yang satu ini. “Tekstur mienya kenyal, mimin suka, toppingnya ayam kampung jamur kecap enak, apalg klo makan jamurnya kenyal2 uhuy,” tutur @buncitinperut pada unggahan di Instagramnya.

Mi legendaris ini telah beroperasi sejak 1968. Tak heran kalau banyak yang menyukai rasa mi ayam ini. Lokasinya pun sangat strategis yaitu di Jalan RP Soeroso nomor 36 Menteng, Jakarta Pusat.

Restoran Trio

 

Masih di daerah yang sama, sepertinya Gondangdia merupakan tempat makanan-makanan legendaris. Restoran Trio merupakan masakan oriental yang telah ada tak lama setelah kemerdekaan Indonesia yaitu sejak 1947. Seperti kebanyakan restoran khas Tionghoa lainnya, mereka menyediakan banyak menu yang bikin ngiler seperti Ayam Goreng Mentega, Lo Mie, hingga Sarang Burung Walet. Lokasinya strategis, lagi-lagi di Jalan R.P. Soeroso, Menteng, Jakarta Pusat. Tak jauh dari Mie Ayam Gondangdia.

Roti Bakar Eddy

 

Memiliki 9 cabang yang tersebar di Jabodetabek, penggemar roti bakar pasti tak asing mendengar nama restoran ini. Roti Bakar Eddy dinamakan sesuai dengan nama pemiliknya yaitu Eddy Supardi. Restoran roti bakar ini telah berdiri sejak tahun 1971 yaitu sekitar 50 tahun yang lalu.

Varian rasanya pun beragam yaitu kornet, telur, pisang, selai stroberi, srikaya, kacang, dan masih banyak lagi. Cocok untuk makanan ringan saat berbuka puasa. Harganya pun ramah dikantong yaitu sekitar Rp14 ribu-Rp20 ribu per porsinya. Anda bisa memilih lokasi mana yang paling dekat dari lokasi anda yaitu cabang Tanah Abang, Pondok Gede, Lenteng Agung, Margonda, Cibubur, Ciledug, Pondok Pucung, Haji Nawi, dan Blok M.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini