Jepang Gunakan Face Express untuk Check In Bandara, Tak Perlu Tunjukkan Paspor

Suci Wulandari Putri, Jurnalis · Kamis 15 April 2021 03:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 14 406 2394640 jepang-gunakan-face-express-untuk-check-in-bandara-tak-perlu-tunjukkan-paspor-HWUyBHUcY6.jpg Ilustrasi. (Foto: Reuters)

UNTUK menghindari intensitas sentuhan pada penumpang pesawat, Bandara Narita, dekat Tokyo telah melakukan uji coba penggunaan teknologi pengenalan wajah penumpang pesawat, pada Selasa, 13 April 2021. Teknologi ini dihadirkan guna mengurangi kontak fisik dan mencegah penyebaran virus corona selama pandemi.

Dikutip dari Bangkok Post, pihak Narita International Airport Corp mengatakan teknologi ini dinamakan “Face Express”, dimaksudkan untuk mempercepat proses boarding dan memberikan pengalaman tanpa sentuhan bagi penumpang. Penumpang tidak perlu menunjukkan paspor atau tiket penerbangan setelah check-in.

Baca Juga: Jejak Kaki Dinosaurus Pemakan Daging Ditemukan di Pantai

pesawat

Penerbang yang ingin menggunakan sistem Face Express ini nantinya akan difoto saat check-in ketika mereka mendaftarkan paspor dan boarding pass. Sistem ini berbasis ID biometrik, yang mana penumpang tidak perlu terus-menerus mengeluarkan paspor dan tiket mereka di penyerahan bagasi, pos pemeriksaan keamanan, dan gerbang keberangkatan dengan kamera, untuk memastikan kelancaran perjalanan udara.

Tidak perlu khawatir, untuk melindungi privasi penumpang, data serta foto wajah yang diambil saat check-in nantinya akan dihapus dalam kurun waktu 24 jam setelah pendaftaran.

Teknologi Face Express di Bandara Narita ini awalnya akan digunakan oleh All Nippon Airways dan Japan Airlines, yang nantinya secara bertahap berkembang ke maskapai lain.

(dwk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini