Gegara Pasangan Gay Thailand Dihujat, Pengacara Ancam Tangkap Warganet Indonesia

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 15 April 2021 15:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 15 406 2395224 gegara-pasangan-gay-thailand-dihujat-pengacara-ancam-tangkap-warganet-indonesia-sd8svWuwrS.jpg Pasangan Gay Thailand. (Foto: Facebook)

TAGAR #indonesiasaysorryforthailand menjadi trending topic di media sosial Twitter. Bahkan ada seruan warganet Indonesia yang menghujat pernikahan pasangan gay, terancam tak diterima bila berkunjung ke Negeri Gajah Putih.

Tagar ini sudah dicuitkan lebih dari 81.000 kali di Twitter. Warganet Indonesia menyerukan tagar tersebut untuk meminta maaf kepada pasangan Gay Thailand yang foto-foto pernikahannya dihujat oleh salah satu warganet Indonesia.

Kasus ini bermula ketika pasangan Smile dan Bas mengunggah foto-foto pernikahan mereka di Facebook pada 4 April. Postingan tersebut viral dan menuai komentar nyinyir dari netizen Indonesia. Suriya memutuskan untuk tidak menanggapi pada awalnya, karena dia mengira bahwa kehebohan pada akhirnya akan mereda.

Baca Juga: Penerbangan ke Australia Baru Bisa Pulih Pada 2024

 gay

Dikutip dari Mothership.sg, pada 11 April, Suriya menulis postingan dalam bahasa Inggris di mana dia mengatakan bahwa suaminya, keluarga, kerabat, bahkan fotografer pernikahan telah menerima ancaman pembunuhan dari orang Indonesia. Hal tersebut membuat Suriya alias Smile geram hingga harus menempuh jalur hukum.

Pada hari yang sama, Ronnarong Kaewpetch, seorang Pengacara dari Network of Campaigning for Justice mengomentari kasus tersebut. Ia mengusulkan agar negara Thailand tidak lagi menerima warganet Indonesia yang meninggalkan pesan cabul dan merendahkan pasangan gay itu. 

Karena kasus yang viral ini, beberapa warga Indonesia yang tinggal di Thailand pun kini sudah mulai terkena dampaknya. Seperti yang diceritakan oleh seorang netizen di Tiktok dengan username CrocoayHyonieLGBQT.

"Adek cowok gue dipulangin paksa sama boss di kantornya. Adek gue sampe nangis sesenggukan karena pekerjaannya hilang karena kesalahan netizen Indo. Marah ga? Kecewa ga? Pasti. Itu sumber pencahariannya woy, susah-susah dia nabung supaya bisa kerja di Thai. Tapi sekarang apa? Apa susahnya sih menghargai," tulisnya.

 gay

Ronnarong memperingatkan orang Indonesia bahwa surat perintah penangkapan "akan menunggu" mereka di Thailand jika mereka menginjakkan kaki di negara itu.

"Orang Indonesia, jangan kira kalian ada di sana, dan saya tidak bisa berbuat apa-apa. Anda yang memasuki Thailand, saya akan meminta polisi menunggu dengan surat perintah penangkapan terhadap Anda," ancam Ronnarong.

Hingga 12 April, jumlah komentar di postingan tersebut telah mencapai 280.000 komentar, dengan netizen Thailand menanggapi orang Indonesia dengan campuran penghinaan dan lelucon, termasuk komentar rasis dan Islamofobia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini