Sandiaga Uno Ajak UMKM Ikut Festival Hari Belanja Brand Lokal 2021

Antara, Jurnalis · Kamis 15 April 2021 17:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 15 406 2395330 sandiaga-uno-ajak-umkm-ikut-festival-hari-belanja-brand-lokal-2021-lXxKDgN8hl.jpg Menparekraf Sandiaga Uno (Instagram @sandiuno)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mendorong pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk berpartisipasi dalam Festival Hari Belanja Brand Lokal (HBBL) 2021.

Menurut Sandiaga, kampanye HBBL 2021 akan memajukan merek lokal untuk bisa berkembang dan memajukan UMKM.

"Saya mendukung penuh berbagai inisiatif yang dapat memajukan brand lokal untuk bisa berkembang dan menguatkan satu sama lain dengan terus mengedepankan strategi inovasi dan kolaborasi," kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam jumpa pers virtual Hari Belanja Brand Lokal 2021 di saluran Youtube Hypefast, Kamis (15/4/2021).

Baca juga:  Sandiaga Uno Sebut Pemerintah Akan Bentuk Tim Pengelolaan TMII

Ia mengungkapkan penyelenggaraan HBBL 2021 menjadi ajang bagi para pelaku ekonomi kreatif untuk bisa mempromosikan bisnis mereka.

 

"Kampanye Hari Belanja Brand Lokal ini sudah mengukuhkan posisinya sebagai salah satu pionir ekosistem ekonomi kreatif di Indonesia," kata Menparekraf Sandiaga Uno.

Baca juga:  Deretan Momen Unik Sandiaga Uno, Kena Prank hingga Salfok Papa Online

Ia juga mengajak merek lokal dan pelaku kreatif Indonesia untuk ikut berpartisipasi dalam HBBL 2021. Dengan demikian, mereka bisa memanfaatkan peluang untuk memperluas bisnis.

"Segera daftarkan brand lokal untuk berpartisipasi dalam acara Hari Belanja Brand Lokal yang akan digelar tanggal 5 Mei 2021. Maksimalkan kesempatan ini untuk promosikan produk Anda kepada masyarakat luas, bahwa produk lokal tidak kalah istimewanya dari produk luar negeri," ujar Menparekraf Sandiaga Uno .

Director of Hypefast Tinton Ardian menjelaskan HBBL yang diinisiasi Hypefast sejak 2020 fokus untuk membantu brand lokal untuk meningkatkan penjualan mereka.

Pada HBBL 2020 sebanyak 1.000 merek lokal berkumpul, saling berkolaborasi dan berhasil meraih pendapatan total hingga Rp130 miliar serta mempertahankan 4.000 lapangan kerja selama COVID-19.

"Tahun ini kami ingin bantu brand lokal meningkatkan penjualan mereka. Kami targetkan 2.000 brand lokal di HBBL 2021. Kami ingin mengulang kesuksesan dan jadi lebih kuat memberi kesempatan bagi semua brand lokal kita, baik merk kecil maupun yang sudah mapan," katanya.

Tinton mengatakan HBBL menawarkan paparan (exposure) gratis bagi merk lokal sekaligus menciptakan komunitas bersama untuk menciptakan inisiatif bersama. Selain itu, HBBL dapat meningkatkan solidaritas antara brand lokal.

"Kepada semua teman pengusaha muda, pemilik brand lokal, kita tahun 2020 tahun yang berat dan kita melihat peluang di masa depan lebih promising (menjanjikan). Kami mengundang pemilik brand lokal untuk registrasi di www.HBBL2021.com pada 15-23 April ini," kata Tinton.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini