Kapal Ini Akhirnya Kembali Setelah 18 Bulan Menghindari Corona di Kutub Selatan

Natalia Christine, Jurnalis · Jum'at 16 April 2021 06:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 15 406 2395371 kapal-ini-akhirnya-kembali-setelah-18-bulan-menghindari-corona-di-kutub-selatan-orMJMXVpA6.jpg MPV Everest (Foto MCS)

SEBUAH kapal kargo atau pemasok yang menghindari virus korona selama kurang lebih 18 bulan terakhir, kini telah kembali ke pantai barat Australia, setelah terjadi kebakaran di salah satu mesinnya.

Kapal MPV Everest berlayar ke Antartika pada tahun 2019 dengan memulai misi suplai 20.000 kilometer ke stasiun penelitian Davis dan Mawson Australia yang mengirimkan makanan, bahan bakar, dan kebutuhan pokok ke Kutub Selatan.

Baca juga: Travel Bubble Australia-Selandia Baru Dibuka, Gak Perlu Karantina Lagi

Tetapi selama menjalankan misi, pandemi virus corona muncul, dan kemudian perjalanan bagi penumpang diperpanjang selama satu setengah tahun.

“Kami mendapat 4G untuk pertama kalinya, harus mengunduh semua aplikasi untuk masuk ke berbagai tempat,” kata Pemimpin Stasiun Davis David Knoff seperti dilansir dari 9NEWS, Kamis (15/4/2021).

Saat menuju Hobart, kebakaran terjadi di salah satu mesin pada Senin lalu. Tak satupun dari 72 ekspedisi kapal atau 37 awak kapal terluka.

Sementara mereka yang berada di atas kapal mengantisipasi masa karantina dua minggu sebelum akhirnya dapat menginjakkan kaki kembali di darat Australia.

Meskipun ini adalah kabar baik bagi mereka yang berada di atas Everest, namun terdapat kekhawatiran juga, bahwa anggota awak kedua di kapal lain yang berlabuh di lepas pantai barat laut WA telah terjangkit COVID-19.

Baca juga: Simpanse Mati Mendadak, Kebun Binatang Sydney Tutup Sementara

Anggota kru Aqua Genie mengembalikan hasil positif untuk tes virus korona dan menunjukkan gejala ringan. Menteri Kesehatan, Roger Cook mengatakan potensi infeksi masih perlu dikonfirmasi dengan tes yang lebih akurat dan sementara itu pihak berwenang menunggu konfirmasi mengenai pria yang telah terjangkit COVID-19 akan dibawa ke Karratha.

Jika terkonfirmasi, maka itu akan menjadi kasus COVID-19 kedua dari Aqua Genie, setelah seorang pria Filipina dievakuasi ke Karratha dan diterbangkan ke Perth.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini