Lezatnya Bubur Sop India Khas Ramadan di Medan, Obat Rindu Kampung Halaman

Ahmad Ridwan Nasution, Jurnalis · Jum'at 16 April 2021 11:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 16 301 2395704 lezatnya-bubur-sop-india-khas-ramadan-di-medan-obat-rindu-kampung-halaman-stlYBGZXYq.jpg Pembagian bubur sop india di Masjid Gauziyah, Medan (iNews)

BUBUR sop india hadir sebulan penuh selama Ramadhan di Masjid Gaudiyah dan Masjid Jamik Kebun Bunga, Medan, Sumatera Utara. Kuliner berbahan rempah-rempah khas India ini jadi incaran warga karena rasanya yang lezat dan dipercaya menyehatkan.

Baca juga: Inilah 5 Kuliner Palembang Paling Diburu Selama Ramadan

Bubur yang dapat dijumpai saat Ramadhan ini juga bisa mengobati kerinduan bagi warga Indonesia keturunan India akan kampung halamannya.

 

Proses memasak bubur sop india bisa memakan waktu enam jam. Sejak pagi, koki sudah mulai memproses sop ini di area Masjid Gaudiyah, Jalan Zainul Arifin, , Kampung Madras, Medan.

Dandang berukuran besar yang didatangkan khusus dari India menjadi wadah memasak bubur sop ini. Mulanya air dan santan dimasukkan ke dalam dandang. Lalu dituangkan potongan 4 kilogram daging kambing yang menjadi ciri khas bubur ini bersama aneka rempah-rempah seperti kapulaga India, bunga lawang, cengkeh, kayu manis, pala, lada, dan jahe.

Setelah tiga jam dan dagingnya sudah empuk, barulah dimasukkan 10 kilogram beras serta 5 kilogram sayur wortel dan tomat. Lalu dibiarkan sampai matang sambil diaduk.

Proses memasak bubur sop india menggunakan kompor minyak tanah.

Bubur sop india tersedia secara gratis setiap bulan Ramadhan di Masjid Gaudiyah dan Masjid Jamik Kebun Bunga. Para penikmatnya bukan saja warga keturunan India, tapi juga penduduk lokal.

Tradisi pembuatan bubur sop india ini sudah berjalan 50 tahun lebih. Yayasan India Muslim Sumatera Utara bersama para dermawan mebiayainya agar tradisi ini terus lestari.

Porsi bubur sop india ditambah setiap tahun. Ramadhan 1442 Hijriah kali ini, dalam sehari disajikan 500 porsi bubur sop india, baik untuk dikonsumsi saat berbuka atau dibawa pulang untuk dinikmati bersama keluarga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini