5 Tugas Pramugari Tak Cuma Jamin Keselamatan Penumpang Loh

Gracella Kezia, Jurnalis · Sabtu 17 April 2021 04:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 16 406 2395766 5-tugas-pramugari-tak-cuma-jamin-keselamatan-penumpang-loh-l4zaOH6PJT.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

TAK sedikit orang yang ingin menjadi pramugari. Tapi, ternyata tugas pramugari tidak semudah kelihatannya loh!

Pramugari merupakan bagian dari awak kabin pesawat, tim personel yang mengoperasikan pesawat komersial, bisnis, atau bahkan militer ketika melakukan perjalanan domestik maupun internasional. Dalam proses menjadi pramugari, mereka dilatih secara khusus tentang pesawat yang hendak mereka gunakan karena keselamatan para penumpang.

Tugas pramugari tak hanya memastikan keselamatan dan kenyamanan penumpang selama penerbangan berlangsung. Mereka juga melakukan banyak hal lain yang jarang diketahui orang.

Biar tak penasaran, berikut ini lima tugas pramugari perlu Anda ketahui, dilansir dari Careerexplorer, Sabtu (17/4/2021).

Baca Juga: Cantiknya Sherin Oviani Zahniar, Pramugari Berhijab yang Bikin Semangat Puasa

1. Pengarahan Oleh Kapten

 pramugari

Sebelum hendak melakukan penerbangan, para pramugari cantik dan pramugara diberikan pengarahan oleh sang kapten. 

Para awak kabin diberikan informasi tentang kemungkinan-kemungkinan yang terjadi ketika penerbangan berlangsung salah satunya kondisi cuaca, kemungkinan turbulensi, durasi penerbangan, dan faktor lain yang dapat mempengaruhi penerbangan yang akan datang nantinya, dibahas rinci di pengarahan ini.

 Selain itu, mereka juga diberi pengarahan tentang keselamatan dan persediaan peralatan darurat yang relevan dengan pesawat yang digunakan.

2. Pemeriksaan Pesawat

Karena fokus utama dari pekerjaan ini adalah keselamatan, para pramugari dan pramugara akan memastikan mereka akan memeriksa apabila didapatkan alat keselamatan yang tidak berfungsi dengan baik, contohnya alat pemadam kebakaran, akan mereka ganti sebelum lepas landas.

3. Membantu Proses Boarding Penumpang

 pramugari

Nah, yang sering kita jumpai ketika memasuki pesawat udara komersial adalah para pramugari dan pramugara telah siaga untuk memeriksa tiket yang kita miliki. Hal ini dilakukan untuk memverifikasi posisi tempat duduk serta keakuratan tiket tersebut jika ada kemungkinan tiket tersebut palsu.

Pramugara dan pramugari juga dilatih untuk mendeteksi perilaku mencurigakan dan bukti niat jahat, sehingga ketika boarding berlangsung, para awak kabin memeriksa apakah ada kemungkinan-kemungkinan tersebut.

4. Pengarahan Standar Keamanan

Pramugari bertanggung jawab untuk memberi pengarahan kepada penumpang tentang standar keselamatan khusus dalam demonstrasi yang dilakukan sesudah boarding berlangsung dan para penumpang telah duduk secara teratur dan rapi. 

Penumpang akan diberi tahu tentang cara memasang sabuk pengaman dengan benar, menemukan pintu darurat terdekat, apa yang harus dilakukan ketika turbulensi berlangsung, cara menggunakan rompi pengaman atau perangkat apung, dan cara menggunakan masker oksigen drop-down ketika oksigen di kabin pesawat berkurang.

5. Memastikan Kenyamanan Penumpang

Setelah segala kesibukan sebelum lepas landas berlangsung, tugas selanjutnya adalah memeriksa kenyamanan para penumpang di kabin pesawat. Para pramugara maupun pramugari akan memeriksa apabila ada penumpang yang kedinginan maupun lansia yang kesulitan tidur, akan dibantu dengan meminjamkan selimut maupun bantal. 

Para pramugari juga memastikan ketika pesawat hendak mendarat untuk memastikan para penumpang menegakkan sandaran kursi dan membuka penutup jendela pesawat agar tercapai pendaratan yang aman dan nyaman bagi para penumpang.  

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini