Kentut di Depan Polisi, Pria Ini Didenda Rp8,5 Juta

Suci Wulandari Putri, Jurnalis · Sabtu 17 April 2021 00:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 16 406 2395919 kentut-di-depan-polisi-pria-ini-didenda-rp8-5-juta-kSVLPBke0A.jpg ilustrasi (stutterstock)

SEORANG pria di Wina, Austria dihukum wajib bayar denda sebesar £425 atau sekitar Rp8,5 juta karena buang angin atau kentut di depan polisi yang mendatangi di sebuah taman kota.

Belakangan dendanya dikurangi jadi £85 atau Rp1,7 juta setelah bandingnya diterima hakim.

Melansir Daily Mail, Jumat (16/4/2021), pelaku didenda atas dakwaan melanggar kesusilaan publik karena kentut secara provokatif ke polisi pada 5 Juni 2020.

Baca juga: Promosikan Pariwisata, Trem Wonderful Indonesia Jelajahi Kota Wina

Dalam proses pengadilan, pria itu berhasil menggugat denda besar tersebut dengan mengatakan bahwa perut kembungnya adalah 'proses biologis'. Ia juga berdalih kentut dilakukannya sebagai hak kebebasan berekspresi.

Menurut pengadilan administratif di Australia , kebebasan berekspresi tidak hanya sebatas komunikasi, tapi juga bisa dalam bentuk lain seperti bunyi suara. Namun, suara atau komunikasi harus memiliki 'maksud komunikatif', tidak demikian halnya dengan kentut.

Hakim memutuskan bahwa komunikasi melalui kentut adalah bentuk ekspresi yang melampaui batas kesopanan.

Baca juga: Kapal Ini Akhirnya Kembali Setelah 18 Bulan Menghindari Corona di Kutub Selatan

Pengadilan baru-baru ini menyatakan tindakan pria tersebut konyol, dan memutuskan bahwa kesalahan tersebut masih kesalahan ringan, sehingga pengadilan menyetujui banding dengan mengurangi denda yang harus dibayar terdakwa.

Sebelumnya pria itu didatangi polisi di sebuah taman. Saat dikonfirmasi soal identitasnya, pelaku dilaporkan bangun dari bangku taman dan memandang petugas lalu melepaskan kentut.

Polisi menilai pria itu telah berperilaku provokatif dan tidak kooperatif selama berurusan dengan petugas sebelum insiden tersebut.

(sal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini