3 Masjid Indah di Bengkulu Bikin Traveler Terpukau

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 16 April 2021 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 16 406 2395924 3-masjid-indah-di-bengkulu-bikin-traveler-terpukau-1QYuHYov42.jpg Masjid At-Taqwa Bengkulu. (Foto: Simas Kemenag)

BENGKULU punya deretan destinasi wisata religi masjid yang megah. Wisatawan yang berkunjung kesana akan terpukau melihat arsitekturnya.

Bahkan salah satu dari masjid yang terkenal di Bengkulu, dibangun oleh Presiden RI Soekarno. Keberadaan masjid tersebut bahkan masih kokoh hingga saat ini.

Tak hanya itu, masih ada sederet masjid indah nan megah di Bengkulu yang bisa Anda singgahi. Yuk simak ulasannya, ditulis Jumat (16/4/2021).

Baca Juga: Kisah Berdirinya Masjid Kairouan, Bukti Kejayaan Peradaban Islam di Afrika

Masjid Khalifah

 masjid

Masjid Khalifah, salah satu masjid termegah dan terindah di Kota Bengkulu yang berdiri di atas lahan SMP. Masjid Khalifah dibangun oleh Maya Miranda Ambarsari.

Berarsitektur modern, pembangunan masjid ini hanya dalam kurun waktu 10 bulan. Masjid Khalifah siap menampung 1.000 jamaah.

Maya sangat bersyukur karena proses pembangunan berjalan lancar. “Pembangunan masjid ini merupakan kontribusi banyak pihak," katanya.

Penamaan Masjid Khalifah sendiri diambil dari nama putra semata wayang Maya Miranda Ambarsari, yaitu Muhammad Khalifah Nasif. Selain itu, nama Masjid Khalifah ini sendiri juga dibuat dengan harapan para siswa-siswi yang nantinya menjadi alumni dapat menjadi pemimpin yang memiliki karakter dan akhlak mulia.

“Nantinya di Masjid Khalifah ini akan diadakan berbagai kegiatan Hafiz Al-Quran dan kegiatan keislaman lainnya sehingga dari sini kita berharap akan muncul para pemimpin hebat,” ujar Maya.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah juga berharap, masjid ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat Bengkulu. Sebab tidak mudah membangun masjid semegah dan seindah ini.

“Kita sebagai masyarakat Bengkulu juga harus dapat memakmurkan masjid ini dan memanfaatkan fasilitasnya untuk salat, mengaji, dan tadarus di bulan suci Ramadan sehingga masjid megah ini betul-betul dapat menjadi pusat keislaman di Bumi Raflesia ini.

Masjid Jami Bengkulu

 masjid

(Foto: Pesona.travel)

Masjid Jami Bengkulu bisa disinggahi wisatawan saat ke Bengkulu. Pembangunan masjid ini tak lepas dari peran Presiden RI Soekarno loh.

Masjid yang berada di Jalan Letjend Suprapto, Tengah Padang, Kec. Ratu Samban, Kota Bengkulu, Bengkulu ini berarsitektur Jawa. Saat awal dibangun, Masjid Jami Bengkulu terlihat sangat sederhana.

Terbuat dari kayu dan beratapkan daun rumbia. Masjid ini didirikan oleh Daeng Makulle saat dia diangkat menjadi Datuk Dagang dari daerah Tengah Padang.

Dilansir dari laman Wonderful Indonesia, di abad ke-20, masyarakat ingin melakukan perbaikan Masjid Jami Bengkulu karena sudah sangat tua dan kurang dirawat. Keinginan tersebut bersamaan dengan dibuangnya Bung Karno beserta keluarga ke Bengkulu pada 1938-1942.

Masjid Jami Bengkulu adalah satu dari lima karya arsitektural Bung Karno yang ditemukan selama masa pengasingan di Bengkulu. Empat lainnya adalah rumah tinggal.

Melalui ukiran dekoratif kepala pilar, Bung Karno telah menciptakan seni kria ukir, sebuah gagasan baru bila dikaji pada masa berdirinya Masjid Jami Bengkulu.

Masjid Agung At-Taqwa

 masjid

Dilansir Simaskemenag, Masjid Agung At-Taqwa dibangun pada 1988 pada masa pemerintahan Gubernur Soeprapto. Namun diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 1 Juli 1989.

Kemiripan masjid ini dengan model bangunan istana era kolonial terlihat dari taman yang cukup luas, dengan gaya penataan layaknya taman di halaman istana kepresidenan atau alun-alun kecil di halaman keraton.

Desain interior atau eksterior Masjid Agung Akbar At-Taqwa, membawa perpaduan budaya Indonesia dan Turki. Masjid ini memiliki ruang utama sholat yang cukup besar dilengkapi teras dan Plaza mampu menampung 2.900 jamaah.

Selain sebagai sarana ibadah, masjid ini menjadi landmark Kota Bengkulu yang membuat orang penasaran. Jika ingin berkunjung, lokasinya berada di Jalan Soekarno Hatta, Anggut Atas, KecamatanRatu Samban, Kota Bengkulu.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini