Masjid Sunda Kelapa, Tempat Berburu Takjil hingga Tarawih Berjamaah

Minggu 18 April 2021 17:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 18 408 2396640 masjid-sunda-kelapa-tempat-berburu-takjil-hingga-tarawih-berjamaah-tl1wmhcD5Y.jpg Suasana Masjid Sunda Kelapa sebelum pandemi. (Foto: Okezone)

MENDATANGI Masjid Sunda Kelapa, traveler bisa menemukan banyak hal seru. Dari mulai menunaikan ibadah sholat sambil berburu kuliner di pasar Ramadan.

Masjid Agung Sunda Kelapa terletak di Jalan Taman Sunda Kelapa No. 16, Menteng, Jakarta Pusat. Selain melaksanakan ibadah sholat, masjid ini juga mengadakan beberapa kegiatan selama bulan Ramadan.

Masjid yang didirikan pada 1960-an ini mengadakan kegiatan ceramah setelah sholat zuhur setiap Senin sampai Kamis, melaksanakan shalat tarawih dengan imam-imam rawatib (lokal), Tadarus online.

Menurut pantauan MNC Portal Indonesia, kegiatan di Masjid Agung Sunda Kelapa ini terbatas karena adanya Covid-19. Dilansir dari akun Twitter resmi Masjid Agung Sunda Kelapa bahwa tidak menyelenggarakan i'tikaf di 10 malam terakhir bulan Ramadan.

Baca Juga: Wisata Religi, 3 Masjid Tua di Amerika Serikat Masih Kokoh Berdiri

Meskipun kegiatan yang dapat dilakukan di masjid yang didirikan oleh Ir. Gustaf Abbas ini terbatas, Anda dapat menikmati pemandangan arsitektur menarik. Salah satunya adalah absennya aksen timur tengah pada masjid ini.

 masjid

Masjid Agung Sunda Kelapa memiliki menara yang berbentuk seperti perahu. Hal ini lantaran melambangkan Sunda Kelapa sebagai pelabuhan tempat pedagang pedagang muslim berdagang, sekaligus menyebarkan agama Islam di Indonesia.

Masjid yang pada saat pembangunannya dibiayai oleh para jenderal di daerah Menteng tersebut, berdiri di area seluas 9.920 meter persegi. Saat ini Masjid Agung Sunda Kelapa hanya bisa menampung 50% dari 4.424 jamaah dikarenakan protokol kesehatan saat pandemi Covid-19.

Terhitung 11 Juni 2020 saat surat resmi dari pemerintah Masjid Agung Sunda Kelapa menyeleggarakan sholat lima waktu dan sholat Jumat, begitu juga dengan sholat tarawih, namun tanpa ada ceramah.

Saat melaksanakan kegiatan di dalam masjid pun seperti shalat harus berjarak satu meter dan membawa peralatan sholat sendiri, seperti sajadah. Karena seluruh karpet Masjid Agung Sunda Kelapa digulung dan bagi jamaah yang ingin kesana, juga harus menaati protokol kesehatan 3M seperti mencuci tangan, memakai masker dan mejaga jarak.

Untuk warga yang berada di Jakarta, Masjid Agung Sunda Kelapa bisa menjadi destinasi wisata religi untuk menghilangkat penat di tengah pekerjaan, sekaligun meningkatkan keimanan dan memperdalam pengetahuan agama Islam dengan beribadah di masjid Ini.

Tiap sore, Anda bisa berburu takjil di pasar Ramadan masjid ini. Terdapat pujasera Masjid Agung Sunda Kelapa dengan beragam hidangan kuliner yang tepat untuk menu berbuka puasa loh.

Reporter: Mutia Hafiza Qiuni dan Farhan Amarrahman Suyono 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini