Mengenalkan Wisata Religi Palu Lewat Buka Puasa Akbar

Antara, Jurnalis · Senin 19 April 2021 20:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 19 406 2396965 mengenalkan-wisata-religi-palu-lewat-buka-puasa-akbar-DBQByfZgR2.JPG Kegiatan buka puasa akbar di kawasan wisata religi Sis Al-Djufrie, Kota Palu, Sulteng (Foto: Antara)

PENGURUS Besar (PB) Alkhairaat punya cara tersendiri dalam rangka memperkenalkan Kawasan Wisata Religi Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), yaitu dengan menggelar buka puasa akbar di kawasan wisata religi sepanjang Jalan Sis Al-Djfrie.

Kurang lebih seribuan warga Kota Palu maupun dari luar Palu tampak semangat dan antusias berpartisipasi dalam kegiatan tersebut, baik menyumbangkan makanan dan minuman berbuka puasa maupun datang berbuka bersama sanak saudara, teman dan pasangan dengan hidangan berbuka puasa yang telah disediakan gratis.

"Kita ingin memperlihatkan kegiatan-kegiatan keagamaan di kawasan wisata religi di sini salah satunya buka puasa akbar bersama," kata penanggungjawab acara buka puasa akbar PB Alkhairaat, Habib Hasan Al-Habsyi.

Baca juga: Kawasan Bekas Tsunami Palu Jadi Destinasi Favorit Ngabuburit

Menurut dia, selama bulan suci Ramadan buka puasa akbar tersebut akan digelar tiga kali dengan harapan makin banyak masyarakat yang berpartisipasi dalam rangka beribadah di bulan Ramadan.

"Insya Allah buka puasa akbar ini akan dilaksanakan lagi pada malam ke-17 dan malam ke-27 lagi," ujarnya.

Salah satu warga asal Kabupaten Parigi Moutong, Rahmah Arifah mengaku sangat senang dan bersyukur dapat ikut dalam kegiatan buka puasa akbar tersebut.

"Baru pertama kali saya mengikuti buka puasa akbar seperti ini karena di tempat tinggal saya tidak ada kegiatan semacam ini. Suasananya sangat tenteram dan hikmat," ucap Rahmah.

Ia sangat mendukung pelaksanaan buka puasa akbar yang dilaksanakan PB Alkhairaat dalam rangka memperkenalkan kawasan wisata religi di ibu kota Provinsi Sulteng tersebut dan berharap dapat dicontoh oleh umat Islam lain di berbagai tempat baik di dalam Kota Palu maupun di luar Palu.

Selain itu, menurut Rahmah, kegiatan semacam itu dapat memupuk rasa persaudaraan dan kebersamaan antar umat Islam di bulan Ramadan.

"Kegiatan itu juga memperkokoh solidaritas antara semasa umat Islam dan umat agama lainnya terlebih kepada kaum dhuafa. Saya berharap kegiatan itu dilaksanakan rutin setiap memasuki bulan Ramadan," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini