Gurihnya Ikan Bakar Rahang Tuna Khas Manado, Enak Buat Buka Puasa

Subhan Sabu, Jurnalis · Rabu 21 April 2021 09:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 20 301 2397992 gurihnya-ikan-bakar-rahang-tuna-khas-manado-enak-buat-buka-puasa-NaFxJ4g1gK.jpg Berburu kuliner khas Manado. (Foto: Subhan Sabu/Okezone)

KULINER ikan bakar jadi buruan traveler saat ke Manado. Salah satu makanan yang terkenal adalah ikan bakar rahang tuna, hmss sedapnya!

Hampir semua rumah makan ikan bakar di Manado menyediakan menu ikan bakar rahang tuna. Karena memang banyak dicari orang, sehingga rumah makan yang awalnya tidak menyediakan menu rahang ikan tuna pun mau tidak mau menyediakannya.

Ya, kepala ikan yang tidak dianggap dan biasanya hanya dibuang inilah yang dimanfaatkan oleh pengusaha rumah makan di Manado. Kepala ikan tuna tersebut menjadi menu andalan dan primadona saat ini, yakni ikan bakar rahang tuna.

Perintis awal menu ikan tuna tersebut adalah seorang pengusaha rumah makan bernama Reki. Awalnya 4 tahun yang lalu dia membuka rumah makan dengan menu ikan bakar goropa, bobara dan tude.

Baca Juga: Penawar Dahaga saat Buka Puasa, Ini Resep Es Dawet Siwalan Khas Tuban

Namun karena merasa tidak bisa bersaing dengan rumah makan lain yang menjual menu yang sama, apalagi rumah makannya berada di lokasi yang tidak strategis, dia kemudian mencoba menu baru yakni rahang tuna.

 rahang

"Waktu itu ikan ini limbah di pabrik, itu tidak ada harga, jadi saya beli waktu itu masih harga Rp5.000. Tapi sekarang harganya Rp30 ribu sampai Rp35 ribu," kata Reki kepada MNC Media Portal.

Reki kemudian mencoba menu baru rahang ikan tuna. Awalnya rahang ikan tuna itu diberikannya secara gratis kepada pengunjung yang datang.

Strategi marketing yang dia terapkan yakni, setiap pengunjung yang datang makan, selain memberikan menu ikan sesuai yang dipesan, dia juga memberikan rahang tuna gratis kepada pengunjung untuk dicoba.

Strateginya itu ternyata berhasil, pengunjung yang datang rata-rata memesan menu ikan tuna, lama kelamaaan menu tersebut menjadi booming dan banyak dicari orang sehingga dia pun sampai saat ini hanya menjual satu menu makanan, yakni rahang tuna bakar.

"Yang tadinya limbah pabrik, itukan tidak bisa diekspor, saya manfaatkan sekarang jadi punya nilai ekonomis," kata Reki

Satu paket ikan bakar rahang tuna dijual seharga Rp 35 ribu, sudah termasuk sayur dan nasi yang diambil sendiri sesuai porsi yang dinginkan, bahkan bisa tambah pula.

Cara pengolahan rahang ikan tuna bakar sendiri cukup unik, di mana proses pembakarannya sendiri tidak menggunakan arang tempurung melainkan memakai kulit pala. Bakar rahang tuna pakai kulit pala, membuat ikan menjadi wangi dan bau amisnya hilang.

Setiap hari, rumah makannya ramai oleh pengunjung, terutama saat makan siang dan makan malam. Bahkan bukan hanya pengunjung dari Manado saja yang kepincut, ikan bakar rahang tunanya dipesan juga dari Jakarta, Sumatera, bahkan sampai ke China.

Salah seorang pengunjung bernama David mengaku rahang tuna di rumah makan tersebut memang enak dan sudah lama menjadi pelanggan tetap.

"Sudah lama, biasa datang dengan keluarga. Rahang tuna di sini memang enak, sudah pernah coba di tempat lain, namun rasanya beda, ada yang bakar ikan sampai hangus," kata David.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini