Nikmatnya Toge Panyabungan, Takjil Favorit Warga Kota Medan

Ahmad Ridwan Nasution, Jurnalis · Rabu 21 April 2021 11:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 21 301 2398278 nikmatnya-toge-panyabungan-takjil-favorit-warga-kota-medan-yXoHY8SuEI.jpg Toge panyabungan (Okezone.com/Liansah Rangkuti)

TOGE panyabungan salah satu takjil atau menu berbuka puasa favorit warga Kota Medan, Sumatera Utara. Rasanya yang nikmat dan bisa menghilangkan dahaga, membuat kuliner mirip es cendol ini masuk dalam menu paling diburu selama Ramadhan.

Toge panyabungan dibuat dari bahan serupa cendol. Namun yang berbeda adalah toge panyabungan disajikan dengan pulut ketan hitam dan putih, kemudian ditambah bubur candil dan lupis. Lalu disiram kuah gula merah dicampur santan.

Baca juga: Lezatnya Bubur Sop India Khas Ramadan di Medan, Obat Rindu Kampung Halaman

Sakinah Nasution, penjual toge panyabungan di Medan, Rabu (21/4/2021) mengaku, bahwa penjualan toge panyabungan meningkat hingga empat kali lipat di bulan Ramadhan. Dalam sehari pada bulan suci, toge panyabungan bisa terjual 200 hingga 250 porsi.

Hal ini bisa terlihat kawasan penjualan toge panyabungan Martondi di Jalan Letda Sujono Kota Medan yang selalu ramai diserbu pembeli pada sore jelang buka puasa. Satu porsi toge penyabungan dijual seharga Rp13 ribu.

Menurut Sakinah, toge panyabungan yang berasal dari Tapanuli Selatan disukai banyak kalangan.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini