Mau Rasakan Makan Dilayani Robot Cerdas? Datang Saja ke Restoran Ini

Violleta Azalea Rayputri, Jurnalis · Kamis 22 April 2021 00:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 21 301 2398389 mau-rasakan-makan-dilayani-robot-cerdas-datang-saja-ke-restoran-ini-72JyEBGzfX.jpg Restoran Robot di Jazan, Arab Saudi (Arab News)

BAGAIMANA rasanya makan di restoran dilayani oleh robot? Sensasi ini bisa Anda nikmati di Restaurant Robot di Kota Jazan, Arab Saudi. Seperti namanya, para pramusaji di restoran ini bukanlah manusia, melainkan robot yang dilengkapi oleh kecerdasan buatan yang canggih.

Enam asisten robot beroperasi di restoran tersebut bertugas untuk mengantarkan nampan hidangan Asia kepada pelanggan.

Baca juga: Bunga Mawar di Arab Saudi Bermekaran di Bulan Ramadhan

Melansir Arab News, Rabu (21/4/2021), sistem robot ini awalnya disiapkan sebagai tindakan pencegahan untuk mengurangi kontak manusia selama pandemi virus corona, tetapi ternyata berhasil menarik perhatian pengunjung.

Dalam sistem yang dirancang oleh insinyur muda Saudi Reham Omar, interior restoran telah dilengkapi dengan sensor yang ditempatkan secara strategis yang memungkinkan robot untuk bergerak dan membawa makanan ke pelanggan.

"Berkat sensor, robot dapat merasakan apa pun yang berdiri di dekat mereka, memungkinkan mereka berhenti berjalan atau mengubah rute yang sesuai," katanya kepada Arab News.

“Setiap robot memiliki peta interior restoran dan lokasi setiap meja yang diprogram ke dalam memori mereka. Saat robot mencapai meja yang ditargetkan, pelanggan dapat mengambil makanan mereka dan memerintahkan robot untuk pergi."

Baca juga: Restoran di Jakarta Harus Tutup Jam 22.30 dan Buka Lagi saat Sahur

Omar mengatakan ide tersebut dikembangkan dengan memanfaatkan pengalaman negara lain, dan dengan dukungan dari pemerintah Saudi untuk industri kuliner.

“Kami bangga dengan proyek kami, sekecil apa pun,” katanya. “Pelanggan menyukai robot dan terkesan dengan idenya.

"Budaya sedang berubah, dan orang-orang sekarang sangat ingin menemukan teknologi baru yang dapat meningkatkan kualitas hidup mereka."

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini