Asyiknya 5.000 Penonton Bisa Nonton Konser Tanpa Jaga Jarak

Fatha Annisa, Jurnalis · Kamis 22 April 2021 07:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 21 406 2398639 asyiknya-5-000-penonton-bisa-nonton-konser-tanpa-jaga-jarak-c76GkAI11i.jpg Ilustrasi

BANYAK orang sangat ingin kembali ke kehidupan “normal" setelah lebih dari setahun Covid-19 menyerang. Tetapi beberapa aktivitas perlu melakukan beberapa pengujian tambahan untuk memastikan keamanannya.

Di Inggris, promotor musik Festival Republic, bekerja sama dengan pemerintah Inggris dan Kebudayaan Liverpool, akan menguji festival musik luar ruang tanpa jaga jarak di Sefton Park di Liverpool pada 2 Mei, menurut CNN. Dengan lebih dari 5.000 orang diharapkan hadir tanpa memerlukan masker atau jarak. Konser tersebut dapat memberikan data penting tentang berapa lama lagi dunia harus berjalan tanpa pertemuan besar.

Festival Republic mengadakan acara besar-besaran ini sesuai dengan Program Penelitian Acara pemerintah, yang akan menguji bagaimana tempat-tempat utama, termasuk stadion olahraga, teater, tempat pernikahan, pusat konferensi, dan klub malam, dapat beroperasi seaman mungkin di musim panas mendatang. Dengan pandemi Covid-19 yang masih terjadi (meskipun sudah ada distribusi vaksin), orang-orang mencari gambaran sekilas tentang kehidupan normal setelah lebih dari setahun karantina.

"Kami selangkah lebih dekat ke acara musim panas, sekarang program yang dipimpin sains sedang berlangsung. Menguji pengaturan yang berbeda dan melihat mitigasi yang berbeda adalah kunci untuk mengembalikan keberadaaan kerumunan orang dengan selamat," kata Sekretaris Kebudayaan Oliver Dowden dalam sebuah pernyataan di situs web pemerintah Inggris seperti dilansir dari Travel and Leisure.

Negara-negara lain juga menguji acara besar seperti ini, termasuk Spanyol. Di Barcelona, 5.000 penggemar musik menghadiri konser di aula konser Palau Sant Jordi Barcelona pada bulan Maret. Masker wajah medis dan tes cepat pada hari yang sama diperlukan untuk kehadiran, meskipun jarak sosial tidak diperlukan.

Pemegang tiket untuk konser Sefton Park Pilot akan diminta untuk mengamati masker dan pedoman jarak sosial sebelum tiba di konser. Pengunjung juga harus menyerahkan bukti tes Covid-19 negatif sebelum masuk dan memberikan rincian kontak untuk program Tes dan Jejak NHS, menurut sebuah pernyataan dari situs web pemerintah Inggris. Peserta juga perlu mengikuti tes cepat Covid-19 lagi setelah konser untuk memberikan data ke Program Riset Acara.

"Percontohan ini akan menginformasikan pendekatan kami untuk memastikan acara besar di masa depan dapat berlangsung dengan aman. Dengan menguji berbagai langkah untuk mengurangi penularan, kami dapat mengumpulkan bukti penting untuk menginformasikan rencana kami untuk memungkinkan acara di masa depan," kata sekretaris Kesehatan dan Perawatan Sosial Matt Hancock dalam pernyataannya.

Acara lain telah direncanakan sebagai bagian dari program. Acara pertama, Kejuaraan Dunia Snooker di Sheffield Crucible Theatre, dimulai pada 17 April dan akan berlangsung hingga 3 Mei.

Hanya warga Liverpool yang boleh menghadiri konser Sefton Park Pilot pada 2 Mei. Blossoms, band rock indie dari Stockport, akan menjadi headline. Tiket seharga £ 29,50 GBP atau Rp600 ribu per orang dapat didapatkan secara online. Informasi lebih lanjut tentang Program Riset Acara dapat ditemukan di situs web pemerintah Inggris.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini