Melihat Makam Kesepian yang Menakjubkan di Kota Nabi Saleh

Indah Salsabillah, Jurnalis · Rabu 21 April 2021 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 21 408 2398263 melihat-makam-kesepian-yang-menakjubkan-di-kota-nabi-saleh-r2cQE2AFJZ.jpg Situs kuno Qasr Al-Farid di Mada'in Saleh, Madinah, Arab Saudi (Flickr/Atlas Obscura)

SEBUAH bangunan unik yang dijuluki makam kesepian berdiri di taman arkeologi Mada'in Saleh, kota kuno dekat AlUla, Provinsi Madinah, Arab Saudi. Bangunan ini dikenal sebagai Qasr Al-Farid yang diukir tepat di batu besar.

Qasr Al-Farid atau The Only Castle adalah bangunan struktur kuno yang menakjubkan sehingga mampu menyaingi arsitektur berukir di seluruh dunia.

Baca juga:  Wisata Religi, Melihat Wujud Rumah Nabi Muhammad SAW

Dibuat sekitar abad ke-1 Masehi, bangunan yang memiliki empat lantai ini tidak pernah benar-benar selesai dan digambarkan juga sebagai "kastil" yang menyesatkan.

Melansir Atlas Obscura, Rabu (21/4/2021), bangunan ukiran megah tersebut sebenarnya adalah sebuah makam yang dibangun sebagai bagian dari situs kuno Nabatean Hegra.

Suku Nabatean Hegra memiliki teknik kontruksi yang unik, itu bisa dilihat dari kuburan yang dipahat langsung di batu dari atas ke bawah. Seperti Qasr Al-Farid, meskipun monumen tersebut terlihat belum pernah selesai.

 

Tetapi tidak mengurangi unsur keindahan dan kepentingan arkeologisnya. Walaupun ada beberapa bagian makam yang tidak lengkap. Setidaknya, makam ini memiliki jendela yang dibuat langsung oleh pemahat kuno.

Baca juga:  Bunga Mawar di Arab Saudi Bermekaran di Bulan Ramadhan

Di samping makam ini memiliki kepentingan arkeologis, The Lonely Castle merupakan salah satu keajaiban di wilayah Mada'in Saleh, kota yang zaman dulu dihuni bangsa Tsamud, kaumnya Nabi Saleh.

Bagi anda yang kebetulan berada di Kota Madinah, dan tertarik untuk singgah ke Makam "Kesepian". Anda bisa ke sini menggunakan kendaraan dengan waktu tempuh kurang lebih 4 jam perjalanan darat.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini