Mengenal Ampo, Camilan Khas Tuban dari Tanah Liat yang Kaya Manfaat

Fatha Annisa, Jurnalis · Kamis 22 April 2021 15:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 22 301 2398776 mengenal-ampo-camilan-khas-tuban-dari-tanah-liat-yang-kaya-manfaat-TExUvAQnwW.JPG Ampo, camilan tradisional khas Tuban berbahan tanah liat (Foto: Instagram/@rennyrh3)

TUBAN merupakan salah satu kota di Provinsi Jawa Timur. Julukan kota tuak melekat pada kota ini karena terkenal akan penghasil minuman tuak dan legen. Namun, Tuban juga dikenal dengan keberadaan makanan yang sangat unik, yaitu Ampo.

Ampo ialah makanan ringan khas Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur. Namun Ampo lebih identik dan banyak dijumpai di wilayah Tuban. Keunikan kudapan ini ada pada bahan pembuatannya yang berbeda, yakni dengan tanah liat tanpa ada campuran bahan lainnya.

Baca juga: Mantul Buat Camilan Pulang Tarawih, Begini Cara Bikin Korean Cheesy Garlic Bread

Berdasarkan informasi yang dihimpun Okezone, cara pembuatan Ampo tergolong sederhana dan prosesnya tentu serba tradisional. Tanah liat yang bertekstur lembut dan bebas dari pasir atau kerikil dikumpulkan, lalu dibersihkan untuk menghilangkan kotorannya. Tanah liat yang sudah pasti bersih akan dijadikan adonan.

Tambahkan air sedikit demi sedikit pada adonan saat sudah dibentuk kotak-kotak agar menjadi kalis dan tidak lengket.

Proses selanjutnya adalah menyerut tanah di bagian atas adonan sedikit demi sedikit. Hasil serutan itu yang kemudian ditempatkan dalam periuk gerabah untuk diasapi di atas tungku kayu bakar. Cita rasa Ampo sama unik dengan bahan dasarnya.

“Rasanya enggak bisa dijelasin. Hambar dan agak pahit. Kalau enggak terbiasa makan, terasa rasa pahit-pahit sedikit di lidah. Tapi enak,” ujar warga Tuban, Amer kepada Okezone beberapa waktu lalu.

Ampo diyakini berkhasiat untuk kesehatan, di antaranya dapat menguatkan sistem pencernaan. Camilan berbahan dasar tanah liat ini juga dipercaya dapat dijadikan obat gatal dan berbagai penyakit lainnya.

Sayangnya, makanan khas Tuban ini sudah sangat langka ditemukan. Hanya beberapa warga saja yang masih membuat Ampo dan menjajakan di warung-warung. Namun jika penasaran ingin mencoba, kini Ampo bisa ditemukan di toko-toko online.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini