Besok, Sandiaga Uno Dijadwalkan Sambangi Desa Wisata di Pariaman

Antara, Jurnalis · Kamis 22 April 2021 07:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 22 406 2398784 besok-sandiaga-uno-dijadwalkan-sambangi-desa-wisata-di-pariaman-ePgOUwqhFg.JPG Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno saat mengunjungi Desa Wisata Kubu Gadang, Padang Panjang, Sumbar (Foto: Instagram/@sandiuno)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno dijadwalkan mengunjungi objek di Desa Wisata Tungkal Selatan, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar) pada Jumat, 23 April 2021 besok.

"Info dari pihak kementerian dan (Pemerintah) Provinsi Sumbar Insya Allah Pak Menteri Pariwisata Jumat 23 April 2021, pukul 14.00 WIB sampai 15.00 WIB mengunjungi Desa Wisata Tungkal Selatan," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman, Dwi Marhen Yono.

Kunjungan tersebut hanya berlangsung sekitar satu jam karena hanya mengunjungi objek wisata itu saja atau tidak ke lokasi lainnya.

Konsentrasi kunjungan kerja Sandiaga kali ini yaitu desa wisata dan penunjukan lokasi di Pariaman pun juga dari pihak kementerian.

Baca juga: Ini Makanan Favorit Sandiaga Uno Sampai Rela Disantap Seumur Hidupnya

"Apalagi lokasi yang dikunjungi di Pariaman sudah pernah meraih GIPI AWARD, memiliki BUMDes dan kelompok sadar wisata (pokdarwis). Pokdarwisnya ada, ada aktivitasnya, dan menghasilkan Pendapatan Asli Desa," ujarnya.

Dirinya berharap setelah kunjungan tersebut dan pandemi Covid-19 selesai Desa Wisata Tungkal Selatan kembali bangkit dan berkembang serta pendapatan desa dan masyarakat sekitar meningkat.

Sebelumnya Desa Tungkal Selatan, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman, Sumatera Barat membangun wahana wisata sepeda gantung dan spot foto balon udara dengan menggunakan dana desa senilai Rp400 juta.

"Pembangunannya kami laksanakan 2019 dan sebentar lagi akan kami resmikan," kata Kepala Desa Tungkal Selatan, Rahayadingrat di Pariaman.

Menurut dia, harga tiket untuk sekali menggunakan wahana wisata itu senilai Rp15 ribu per orang. Lokasi pembangunan wahana wisata itu terletak di lereng bukit dengan pemandangan hamparan sawah dan ladang warga sehingga dapat menghasilkan foto-foto menarik.

Keunggulan tersebut pun dimanfaatkan oleh pemerintah desa dengan membangun spot foto yaitu balon udara bertuliskan #tungkalselatantacelak.

Sejak wahana wisata tersebut sudah dapat dioperasikan pada Desember 2019, banyak wisatawan berkunjung baik dari daerah Kota Pariaman maupun dari daerah tetangga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini