Kapten Edward Limbong Landing Mulus saat Cuaca Buruk, Begini Reaksi Netizen

Fatha Annisa, Jurnalis · Sabtu 24 April 2021 13:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 24 406 2399984 kapten-edward-limbong-landing-mulus-saat-cuaca-buruk-begini-reaksi-netizen-sGEtNq9gfq.JPG Kapten Edward Limbong berhasil mendaratkan pesawat di tengah hadangan cuaca buruk (Foto: YouTube/@Edward F Limbong)

CUACA buruk agaknya sudah menjadi makanan sehari-hari bagi seorang pilot. Dalam menghadapi kondisi tersebut pilot harus siap siaga mengambil tindakan demi menjaga keselamatan penumpang beserta kru kabin. Hal serupa pun dialami oleh pilot senior Kapten Edward F. Limbong.

Beberapa waktu lalu, Kapten Edward menerbangkan pesawat menuju Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. Kondisi cuaca di Jakarta dilaporkan cukup baik. Namun ketika pesawat sudah bersiap untuk mendarat alias landing, cuaca tiba-tiba berubah menjadi buruk.

Dalam video YouTube berdurasi 26 menit 25 detik yang diunggahnya, terlihat awan besar menghalangi jalan pesawat. Dengan sigap Kapten Edward beserta kopilot memutuskan untuk membelokkan pesawat agak ke kiri untuk menghindarinya dan menjaga kenyamanan penumpang.

“Agak ke kiri dikit guys karena itu ada awan di depan gede. Jadi kita harus memikirkan kenyamanan penumpang, ya. Goyang-goyang enggak apa-apa, sambil doa,” kata Kapten Edward dalam video.

Baca juga: Pengalaman Paling Mengerikan Kapten Edward Limbong saat Terbangkan Pesawat

Pesawat beberapa kali berguncang saat melewati awan, namun Kapten Edward Limbong seperti biasa tetap terlihat tenang. Beberapa kali ia bahkan bergurau untuk menghilangkan ketegangan dan melawan rasa takut.

Pilot asal Manado ini memang dikenal dengan pembawaannya yang tenang, sehingga masalah turbulensi d udara tak lagi jadi kekhawatiran berarti bagi penumpangnya.

“Goyang-goyang, guys. Cuci pesawat pagi-pagi,” candanya.

Cuaca pun semakin buruk. Hujan yang mengguyur Jakarta saat itu turun dengan sangat deras. Kapten Limbong berencana untuk melakukan Go Around namun diurungkan. Landasan pacu pesawat yang tidak terlihat jelas dan kondisi cuaca yang cukup buruk, membuat kopilot lantas menyerahkan kendali pada Kapten Limbong.

“Kapten, sepertinya kapten aja nih capt yang ngebawa (pesawatnya),” pinta kopilot, yang langsung disetujui oleh Kapten Edward Limbong.

Beruntung, pesawat yang diterbangkan Kapten Edward sukses mendarat sempurna meskipun terhalang cuaca buruk.

Sementara itu, keputusan kopilot untuk menyerahkan kemudi kepada pilot yang lebih senior menuai banyak pujian dari warganet. Tindakan itu dianggap menunjukkan baiknya kerjasama antara pilot dan kopilot, serta cepatnya sang kopilot mengambil keputusan demi keselamatan penumpang tanpa merasa malu atau sungkan.

“Senang melihat komunikasi dan kerjasama antara FO dan Captain yang sangat baik. FO ketika tidak yakin mendaratkan pesawat krn thunderstorm, FO langsung izin menyerahkan control ke Captain. Sudah benar itu. Tidak perlu gengsi dan takut meminta ketika keselamatan manusia adalah prioritas. Mantap Captain dan FO-nya di flight ini,” tulis seorang netizen, Mulyono Lubis.

Baca juga: Bolehkah Pilot Makan Sambil Nyetir? Begini Jawaban Kapten Edward Limbong

“Co-pilotnya sangat bijak, dan pilotnya sangat profesional, inilah yang dibutuhkan oleh tim di setiap melakukan tugasnya... Co-pilot ragu untuk mendarat, tapi kapten menenangkan dengan landing yang sempurna meskipun dalam keadaan kondisi yang tidak memungkinkan.. God Bless You Capt.. !!!” puji pemilik akun Daring Music.

“Di sini Teruji FO yg bijak dalam mengambil keputusan ketika ragu ,dia tidak berambisi menunjukkan bahwa dia mampu mendaratkan pesawat dalam cuaca buruk di depan captain-nya, karena banyak nyawa yang dipertaruhkan ..... Salute buat FO-nya , salute juga buat amang Capt limbong, GBU all🙏” sebut Benny Sianipar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini