Sandiaga Uno Dukung Pengembangan KEK Mandeh di Sumbar

Ratu Syra Quirinno, Jurnalis · Minggu 25 April 2021 01:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 24 406 2400204 sandiaga-uno-dukung-pengembangan-kek-mandeh-di-sumbar-YBJyICoDWl.JPG Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno (Foto: Instagram/@sandiuno)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mendukung penuh pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat. Di antaranya melalui program Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandeh.

Sandiaga belum lama ini mengunjungi Masjid Apung Samudra Ilahi di Pantai Carocok, Painan, Pesisir Selatan dan bertemu Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar.

Salah satu program yang dibahas dalam upaya pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di daerah tersebut di antaranya melalui KEK Mandeh yang telah diusulkan pemerintah daerah setempat sejak tahun 2017. Saat ini kawasan seluas 420 hektare itu masih menunggu calon pengusul dari pihak swasta yang ingin berinvestasi.

Baca juga: Sandiaga Uno Akan 'Sulap' Sawahlunto Jadi Kota Pariwisata, Jalan Rusak Ikut Disorot

"Ada dua topik utama yang kita bahas, pertama adalah untuk menuntaskan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandeh yang sedang dirancang untuk menjadi salah satu pusat pertumbuhan berbasis pariwisata. Kita akan sukseskan program KEK Mandeh yang tidak hanya untuk menghadirkan pariwisata berbasis alam, bahari, tapi juga budaya," ujar Sandiaga.

Guna menyukseskan program tersebut, lanjut Sandiaga, tentunya dibutuhkan dukungan dan kolaborasi dari berbagai pihak. Termasuk dalam melanjutkan program-program pengembangan yang tertunda seperti tourist information centre, homestay, juga desa wisata.

"Salah satunya dapat dilakukan melalui pendekatan program kemitraan antara pemerintah dan dunia usaha. Jadi fokusnya tidak semua membebani anggaran pemerintah," tuturnya.

Sementara Bupati Pesisir Selatan, Rusma Yul Anwar mengatakan, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan yang dibutuhkan guna menyukseskan KEK Mandeh. Seperti masterplan yang telah selesai dibuat.

"Karenanya kami berharap dukungan dari Menparekraf untuk dapat memfasilitasi pembangunan KEK serta memfasilitasinya ke investor sehingga perkembangan di Pesisir Selatan, khususnya melalui sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dapat menciptakan lapangan kerja dan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat," ucap Rusma.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini