Pertama di Eropa, Prancis Terbitkan Kartu Kesehatan Digital untuk Berwisata

Mila Widya Ningrum, Jurnalis · Minggu 25 April 2021 08:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 25 406 2400294 pertama-di-eropa-prancis-terbitkan-kartu-kesehatan-digital-untuk-berwisata-FfWaqhJMyv.JPG Ilustrasi (Foto: Pinterest)

PRANCIS menjadi negara pertama di Eropa yang mengeluarkan kartu kesehatan digital canggih untuk berwisata. Konsep kartu itu sebelumnya banyak dibicarakan dan akan mulai diuji pada pekan ini sebagai langkah memulai kembali perjalanan internasional.

Le Monde melaporkan bahwa kartu kesehatan sedang diujicobakan pada penerbangan ke Corsica, wilayah Prancis di Mediterania. Selanjutnya diharapkan bisa diperluas dengan menyertakan sertifikat vaksinasi pada 29 April 2021 mendatang.

Harapannya, kartu kesehatan digital tersebut dapat diperluas ke penerbangan internasional lainnya, dan bahkan bisa digunakan untuk hal-hal seperti festival dan konser, kecuali untuk bar dan restoran.

Baca juga: Ejek Gaya Rambut Pramugari, Rapper DaBaby Banjir Kecaman Warganet

Melansir dari Travel and Leisure, izin itu datang menyusul Presiden Prancis Emmanuel Macron yang meringankan pembatasan perjalanan internasional pada musim panas, termasuk untuk orang Amerika yang sudah divaksinasi.

“Secara progresif mencabut pembatasan,” ucap Macron belum lama ini.

The Guardian melaporkan, ke depannya, siapapun yang mendapatkan tes Covid-19 di Prancis akan menerima pesan teks atau email dengan akses ke dokumen online bersertifikasi negara yang dapat dicetak atau disimpan di aplikasi TousAntiCovid yang kemudian akan menghasilkan kode QR yang aman. Pekan depan, hal yang sama pun berlaku untuk mereka yang sudah divaksinasi.

Sekretaris Negara Prancis untuk transisi digital, Cédric O, mengatakan, uji coba tersebut akan menjadi salah satu bagian dari sistem seluruh Eropa yang diperkuat, terkonsolidasi, dan terstandarisasi.

Ia berharap 'sertifikat hijau digital' Uni Eropa siap digunakan pada 21 Juni mendatang.Saat ini, Prancis tetap melakukan lockdown, menutup semua toko yang tidak penting dan mengharuskan penduduk untuk tetap berada dalam jarak sekitar 6 mil dari rumah mereka.

Tak hanya Prancis yang menguji coba kartu kesehatan digital. Denmark pekan lalu juga mulai menguji kartu kesehatannya sendiri, yang disebut Coronapas.

Rencananya, negara itu berencana untuk memperluasnya dengan memasukkan akses ke restoran, museum, dan bioskop pada 6 Mei mendatang.

Selain itu, Belanda juga sedang menguji sistem yang memungkinkan orang yang dites negatif Covid-19 bisa menghadiri acara atau kegiatan langsung dengan menggunakan aplikasi CoronaCheck.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini