8 Fakta Unik Burj Khalifa, Tingginya Hampir Setara Kedalaman Hilangnya KRI Nanggala-402

Fatha Annisa, Jurnalis · Minggu 25 April 2021 16:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 25 406 2400441 8-fakta-unik-burj-khalifa-tingginya-hampir-setara-kedalamam-hilangnya-kri-nanggala-402-d55JYdYHDW.jpg Burj Khalifa di Kota Dubai, Uni Emirat Arab (Freepik)

BURJ Khalifa, tower tertinggi di dunia sedang ramai dibicarakan netizen. Ya, ketinggian gedung yang berdiri megah di Kota Dubai, Uni Emirat Arab itu, menurut warganet, setara dengan kedalaman tenggelamnya kapal selam milik TNI Angkatan Laut, KRI Nanggala-402.

TNI menyatakan bahwa KRI Nanggala-402 berawak 53 prajurit terbaik AL Indonesia tersebut tenggelam di laut Bali pada kedalaman 850 meter.

Baca juga: Bangganya Netizen Indonesia Merah Putih Selimuti Burj Khalifa

Kedalaman tersebut memang hampir setara dengan tingginya Burj Khalifa yang mencapai 828 meter dan membuat ikon Kota Dubai tersebut masih kokoh di puncak sebagai gedung tertinggi di planet bumi. Pesona Burj Khalifa menarik banyak wisatawan dunia datang ke Dubai.

Mengutip dari beberapa sumber, berikut fakta-fakta Burj Khalifa:

1. Tingginya 828 meter

Ketinggian Burj Khalifa mencapai 828 meter, setara tiga kali tinggi Menara Eiffel di Paris, Prancis dan hampir 2 kali tinggi Empire State Building di New York, Amerika Serikat.

ilustrasi

Burj Khalifa (Wonderbustours)

2. Memegang 7 Rekor Dunia

Burj Khalifa tidak hanya menyandang predikat sebagai gedung tertinggi di dunia. Gedung ini juga memegang 7 rekor dunia sekaligus. Rekor-rekor itu adalah:

• Gedung tertinggi di dunia

• Struktur berdiri bebas tertinggi di dunia

• Gedung dengan jumlah lantai tertinggi di dunia

• Gedung dengan lantai terisi terbanyak di dunia

• Gedung yang memiliki dek observasi luar ruangan tertinggi di dunia

• Gedung dengan jarak tempuh lift terpanjang di dunia

Baca juga: Restoran Dilarang Layani Tamu Makan di Luar Ruangan Selama Jam Puasa

• Gedung dengan layanan lift tertinggi di dunia

3. Dibangun Selama 5 Tahun dengan 12.000 Pekerja

Pembangunan Burj Khalifa melibatkan 12.000 pekerja per hari dan membutuhkan lebih dari 22 juta jam kerja total.

Pekerjaan penggalian gedung dimulai pada Januari 2004 dan konstruksi pada bagian luar gedung baru selesai 5 tahun setelahnya yakni pada Oktober 2009. Pada 4 Januari 2010 Burj Khalifa baru resmi dibuka untuk umum.

4. Terinspirasi dari Bunga

Adrian Smith, arsitek Burj Khalifa mendesain bangunan tersebut terinspirasi spider lily, bunga yang tumbuh di daerah gurun.

Anda bisa melihat bentuknya menyerupai bunga itu dari foto yang diambil dari puncak gedung dan desain lansekap rumit yang mengelilinginya.

5. Berat Material Burj Khalifa

Berat beton yang digunakan dalam proses pembangunan Burj Khalifa dikatakan mencapai 110.000 ton dan 55.000 ton baja tulangan. Sementara itu, berat total alumunium yang digunakan pada Burj Khalifa setara dengan lima pesawat A380.

6. Lift Tercepat

Gedung tertinggi di dunia tentunya perlu lift untuk membantu pengunjung bergerak dari satu lantai ke lantai lain dengan cepat. Meski tidak memegang rekor sebagai rumah bagi lift tercepat, lift di Burj Khalifa dikatakan menempati urutan ketiga di dunia dengan kecepatan 22 mph. Hanya butuh 1 menit untuk pergi dari lantai dasar ke dek observasi di lantai 124.

ilustrasi

7. Menyimpan Banyak Koleksi Seni

Setiap bangunan sebesar Burj Khalifa pasti memiliki ruang dinding yang harus diisi. Secara keseluruhan, koleksi seni bangunan ini berjumlah cukup besar yaitu lebih dari 1000 karya dari beberapa seniman terkenal di dunia, khususnya seniman Timur Tengah. Banyak di antaranya yang dipesan khusus untuk Burj Khalifa.

8. Punya 3 Zona Waktu Berbuka Puasa

Semakin tinggi suatu tempat, semakin lambat pula matahari terbenam yang menjadi tanda waktu buka puasa. Oleh sebabnya Burj Khalifa memiliki 3 perbedaan waktu buka puasa.

Untuk lantai dasar hingga lantai 80 waktu buka puasa sama dengan warga Dubai. Penghuni lantai 81 hingga 150 berbuka 2 menit lebih lama dan selebihnya berbuka 3 menit lebih lama dari warga Dubai. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini