Ziarah ke Masjid Berbentuk Kakbah di Makassar, Penawar Rindu Baitullah

Yoel Yusvin, Jurnalis · Senin 26 April 2021 17:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 26 408 2400889 ziarah-ke-masjid-berbentuk-kakbah-di-makassar-penawar-rindu-baitullah-lm8qdxtWVo.jpg Masjid Al Fatih Al Anshar atau Masjid Kakbah di Makassar (Instagram @adhymarshal123)

MASJID Al Fatih Al Anshar berdiri megah di sudut Jalan Paccinang Raya, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Bagian luar bangunannya berbentuk Kakbah. Arsitektur yang unik ini menjadi daya tarik bagi wisatawan dan peziarah.

Masjid yang berdiri sejak 2014 ini menjadi objek wisata religi bagi warga, terutama di bulan suci Ramadhan di mana orang-orang datang untuk iktikaf, mengaji hingga menjadi obat penawar rindu akan Baitullah. Peziarah umumnya datang karena penasaran ingin melihat bangunan menyerupai Kakbah.

Baca juga: 7 Masjid Unik di Indonesia, Pas Buat Ngabuburit Sambil Wisata Religi

Gaya bangunan masjid ini punya nilai seni tinggi. Misalnya ada ukiran lafaz Allah di setiap dinging bangunan mirip Kakbah serta ada replika Hajar Aswad di sudut bangunan serupa Kakbah.

Masjid Al Fatih Al Anshar setidaknya menjadi obat rindu bagi masyarakat yang ingin melihat Kakbah, terlebih di masa pandemi COVID-19 di mana ada pembatasan perjalanan sehingga sulit untuk terbang ke Makkah.

Nama Al Fatih Al Anshar yang ditabalkan pada masjid ini diambil dari nama cucu Mustamin Ashor, sang pendiri Masjid Kakbah.

Baca juga: Berziarah ke Makam Tuanku Imam Bonjol, Ulama Pemberani yang Diasingkan Belanda

Masjid ini memang terinspirasi dari bangunan Kakbah di Masjidil Haram, Makkah. Sang pendiri, Mustamin Ansor mendapat hidayah atau bisikan untuk mendirikan bangunan masjid ini saat berhaji ke Baitullah.

Masjid Kakbah berdiri di area seluas 600 meter dengan lebar 9 meter dan panjang 17 meter serta tinggi replika Kakbah 12 meter.

Angka ini penuh filosofi, diambil karena memiliki makna tersendiri. Angka 9 merupakan angka penanggalan Arab didirikannya bangunan masjid yaitu 9 September 2014.

Angka 17 merupakan jumlah rakaat shalat 5 waktu sehari semalam yaitu 17 rakaat. Sementara 12 meter tinggi bangunan Kakbah diambil dari jumlah 5 rukun Islam plus 6 rukun Iman dan hanya satu Tuhan yaitu Allah.

 ilustrasi

Bagian interior Masjid Kakbah terdapat ornamen klasik yang mengambungkan unsur modern. Di dinding bangunan masjid lantai satu terdapat sejumlah lafaz Allah dan kaligrafi Arab, sementara di lantai dua terdapat sebuah ornamen kayu berbentuk pohon yang di hiasi 99 nama nama Allah atau Asmaul Husna pada setiap daun pohon yang menempel di dinding masjid.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini