Ratusan Bonsai Dipamerkan di Alun-Alun Gianyar demi Dongkrak Pariwisata

Antara, Jurnalis · Rabu 28 April 2021 13:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 28 406 2401904 ratusan-bonsai-dipamerkan-di-alun-alun-gianyar-demi-dongkrak-pariwisata-1k2ek7UQ2W.JPG Bupati Gianyar, I Made Mahayastra buka pameran bonsai di Alun-Alun Kota (Foto: Antara)

BUPATI Gianyar, I Made Mahayastra membuka pameran bonsai berskala nasional di Alun-Alun Gianyar, Bali demi menggerakkan para pecinta bonsai sebagai upaya pengembangan pariwisata.

"Pameran bonsai Mahayastra Cup diikuti 912 peserta yang dilombakan dalam Kelas Mame, Kelas Regional, Kelas Madya, Kelas Utama, serta Kelas Bintang," ujar Mahayastra.

Pada acara itu Bupati Gianyar turut didampingi Forkopimda, Sekda Kabupaten Gianyar, I Made Gede Wisnu Wijaya, Ketua DPRD Gianyar, I Wayan Tagel Winarta, beserta beberapa Kepala OPD (organisasi pemerintahan daerah) Gianyar.

Baca juga: Dorong Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno Ingin Pendidikan Pariwisata Ditingkatkan

Setelah membuka pameran, Bupati langsung menancapkan bendera (memilih) pada bonsai yang dipilihnya untuk mendapatkan Mahayastra Cup.

Pada masing-masing kelas, dirinya memilih satu dari sepuluh terbaik (The Best Ten). Para pemilik bonsai yang terpilih meraih Mahayastra Cup juga mendapatkan hadiah berupa uang tunai dengan total nilai Rp37,5 juta.

Bupati Mahayastra mengaku senang karena selama kurang lebih satu tahun tiga bulan mengalami pandemi Covid-19, Gianyar mulai menunjukkan perkembangan yang baik.

"Sesuai pidato Presiden bahwa kepala daerah itu tidak hanya menekan rem saja tetapi juga harus menekan gas serta memikirkan langkah-langkah untuk memulihkan daerahnya, karena Gianyar adalah daerah pariwisata maka saya mengajukan Ubud sebagai kawasan hijau," tuturnya.

Ia pun berterima kasih kepada Perkumpulan Pecinta Bonsai Indonesia (PPBI) Gianyar dan Bali, dewan juri, serta tokoh-tokoh yang terlibat sehingga sekarang Kabupaten Gianyar sudah sangat dikenal kalangan pecinta bonsai.

Sementara, Ketua Panitia Pameran, I Wayan Arthana mengatakan, tidak mudah mendatangkan ratusan bonsai yang saat ini dipamerkan di Alun-alun Gianyar, yang datang dari seluruh wilayah Indonesia.

"Saya berterima kasih para tokoh-tokoh bonsai telah hadir di Alun-alun Gianyar, walaupun di sini tidak dapat hadiah, tidak dapat piala, sudah berpartisipasi membangun pariwisata di kabupaten Gianyar dan di Bali secara umum," kata Arthana.

Hal senada disampaikan Ketua PPBI Gianyar, I Gusti Bagus Adi Widhya Utama. Ia berterima kasih kepada Bupati Gianyar, karena dukungan penuh yang diberikan sehingga Pameran Bonsai bertaraf nasional ini bisa berjalan lancar.

Ke depan, ia berharap pameran bonsai memperebutkan Mahayastra Cup akan lebih luas serta dapat menjadi acara tahunan yang akan dinanti pecinta bonsai dari Bali sendiri maupun luar Bali.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini