Kapten Vincent Raditya Ungkap 5 Faktor Penyebab Pesawat Delay, Apa Saja?

Suci Wulandari Putri, Jurnalis · Kamis 29 April 2021 09:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 28 406 2402113 kapten-vincent-raditya-ungkap-5-faktor-penyebab-pesawat-delay-apa-saja-BzbLrEt1VC.jpg Vincent Raditya (Instagram @vincentraditya)

JADWAL penerbangan pesawat tidak selamanya tepat waktu, karena kadang-kadang mengalami penundaan atau delay dengan berbagai faktor. Kondisi ini kerap menjengkelkan penumpang yang berharap bisa terbang sesuai jadwal.

Tak jarang juga penumpang pesawat marah dan protes karena pesawat yang akan ditumpangi delay. Tidak hanya bagi penumpang, pilot dan awak pesawat pun juga tidak menginginkan terjadinya delay.

Lalu sebenarnya, apa faktor yang menyebabkan delay bisa terjadi?

Baca juga: Kisah Menegangkan Kapten Vincent Raditya 4 Jam Terbangkan Pesawat dengan Autopilot Mati

Pilot sekaligus Youtuber, Kapten Vincent Raditya menjelaskan pada kanal youtube pribadinya penyebab pesawat mengalami delay sebagai berikut :

Cuaca

Faktor cuaca adalah penyebab paling sering yang menyebabkan sebuah pesawat mengalami delay. Biasanya ini terjadi saat cuaca buruk, seperti saat musim hujan. Sebuah bandara maupun landasan pacunya tidak akan beroperasi ketika mencapai limitasi terbawah yang ada.

Sebelum pesawat lepas landas, pilot terlebih dahulu akan memeriksa keadaan cuaca, jika cuaca buruk dan tidak memungkinkan untuk terbang dengan aman, maka pesawat akan mengalami keterlambatan keberangkatan.

Untuk bandara di luar negeri, kendala cuaca yang sering terjadi yaitu karena tumpukan salju di pesawat, sehingga mengganggu operasional pesawat.

Kerusakan teknis pesawat

Keadaan ini sering juga disebut pesawat rusak. Tidak ada yang menginginkan terbang dalam keadaan pesawat sedang rusak ataupun terkendala teknis-teknis pesawat yang bermasalah.

Baca juga: Batik Air Rute Palu-Jakarta Delay karena Ada Garis Melengkung di Kaca Kokpit

Oleh karena itu untuk memperbaiki keadaan pesawat, maka dibutuhkan waktu yang berdampak pada ditundanya keberangkatan.

Selain itu, kesalahan teknis pembaharuan jadwal keberangkatan juga menjadi salah satu faktor pesawat delay. Jadwal yang terlambat diperbaharui akan membuat waktu keberangkatan tertunda sehingga pesawat terlambat berangkat.

Penumpang dan Bagasi

Tidak hanya berasal dari kesalahan pihak bandara maupun pesawat, delay juga sering terjadi karena kesalahan penumpang. Salah satunya yaitu karena penumpang terlambat check in.

Biasanya beberapa penumpang yang terlambat check in akan ditunggu oleh pilot, karena mempertimbangkan suatu dan lain hal. Meskipun kebanyakan kita mendengar banyaknya penumpang yang ketinggalan pesawat karena terlambat check in.

Selain itu, keterlambatan penumpang karena p masih proses check in ataupun sistem check in error juga menjadi penyebab delay. Kelebihan kapasitas penumpang juga menjadi penyebab delay, karena harus memindahkan penumpang ke pesawat lainnya.

Air Traffic Flow Management (ATFM)

Pesawat bisa delay ketika bandara sudah melewati batas kapasitas landing hari itu. Menurut Kapten Vincent , ini pernah terjadi di Bandara Soekarno Hatta sebelum landasan direnovasi menjadi lebih luas seperti sekarang.

ilustrasi

Terminal 3 Bandara Soetta (Okezone.com/Dimas)

Kekurangan petugas pesawat juga berpengaruh terhadap keberlangsungan keberangkatan pesawat. Hal ini karena satu orang petugas harus mengurus beberapa pekerjaan dalam satu waktu.

Flight Operation and Crewing

Kesalahan cetak operasi jadwal penerbangan dapat menyebabkan delay. Tidak hanya dialami oleh penumpang pesawat, keterlambatan boarding terjadi pada crew pesawat, sehingga menunda waktu terbang.

Pesawat tidak dapat terbang tanpa adanya pilot yang mengendarai pesawat. Sehingga jika ada pilot berhalangan terbang karena sakit atau karena suatu kendala tertentu maka akan terjadi delay.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini