Tips Rapid Test Antigen di Bandara Biar Enggak Tertipu Oknum

Fatha Annisa, Jurnalis · Kamis 29 April 2021 09:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 29 406 2402546 tips-rapid-test-antigen-di-bandara-biar-enggak-tertipu-oknum-tPzAxhF4CY.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

EMPAT orang petugas laboratorium Kimia Farma lantai M Bandara Internasional Kualanamu diamankan Polda Sumatera Utara Selasa 27 April, terkait dugaan penggunaan alat tes rapid bekas pakai pada pelayanannya. Lalu seperti apa sih  rapid test aman di bandara yang perlu Anda ketahui?

Tak dipungkiri, kejadian tersebut tentu menimbulkan keresahan bagi masyarakat. Khususnya yang masih harus bepergian dan akan menggunakan layanan tes rapid antigen yang disediakan oleh bandara.

Namun tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghindari oknum-oknum itu. Berdasarkan penelusuran Okezone, berikut tipsnya agar terhindar dari penipuan tes rapid antigen di bandara. 

1. Pastikan alat tes rapid baru

Rapid

Rapid

Sebelum melakukan tes, Anda harus memastikan jika alat yang digunakan masih dalam kemasan rapi dan belum pernah dipakai sama sekali. Kemasan tersebut akan baru dibuka oleh petugas di depan Anda.

“Harus pastikan belum terpakai alat untuk swabnya. Dibuka saat pemeriksaan dan di depan yang akan diperiksa,” kata Kepala Kantor Pelabuhan Bandara Soekarno Hatta Darmawali Handoko kepada Okezone.

2. Counter Test Rapid

Semua counter test rapid yang ada di bandara sebenarnya sama. Hanya saja, pastikan ulang pelayanan petugas ketika melakukan tes sudah sesuai dengan aturan. Begitu pula dengan alat tes yang digunakan. Jika ada yang mencurigakan, Anda harus segera melaporkannya kepada pihak keamanan.

3. Harga yang Diberikan

Harga yang harus dibayarkan ketika Anda akan melakukan test rapid antigen di bandara umumnya sama, yakni tidak lebih dari Rp250.000 untuk Pulau Jawa dan Rp275.000 di luar Pulau Jawa. Jika petugas menawarkan harga lebih mahal atau terlalu murah, Anda patut mempertanyakannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini