Mengasingkan Diri ke Pulau Selama 30 Tahun, Kakek ini Malah Kena Gusur

Suci Wulandari Putri, Jurnalis · Jum'at 30 April 2021 12:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 29 406 2403052 mengasingkan-diri-ke-pulau-selama-30-tahun-kakek-ini-malah-kena-gusur-ZU4O3cSMM8.jpg Kakek Mauro Morandi

SETELAH lebih dari 30 tahun tinggal dan melindungi sebuah pulau di Italia, seorang kakek bernama Mauro Morandi (81) kini harus meninggalkan pulau tersebut karena tekanan dari pihak yang berwenang

Pulau tersebut bernama Budelli, sebuah pulau yang berada di lepas pantai Sardinia utara yang terkenal dengan sebutan pantai merah jambu. Morandi memutuskan pindah ke sana pada 1989, karena sudah merasa muak dengan sikap konsumerisme dan keadaan politik di Italia.

Oleh karena itu, ia ingin mengasingkan diri ke pulau terpencil di Polinesia yang jauh dari peradaban dan memulai hidup baru menyatu dengan alam.

Baca Juga: Pramugari Bongkar 8 Rahasia di Pesawat, Penumpang Bisa Untung Loh

Dikutip dari laman BBC News, Morandi yang juga merupakan seorang mantan guru pendidikan jasmani ini, mengawali perjalanannya bersama sejumlah teman melalui laut dan berlabuh di kepulauan La Maddalena, Italia. Ia dan beberapa temannya berencana untuk bekerja dan menghasilkan uang di sana untuk mendanai sisa perjalanan mereka.

Setelah melanjutkan perjalanan dan sampai di Budelli, Morandi memutuskan untuk tinggal di sana dan menjaga pulau. Namun setelah sekian lama berada di sana, tahun lalu ia mengatakan bahwa pemilik pulau tersebut memintanya untuk pindah.

Pada 2020 lalu, Presiden Taman Nasional La Maddalena Fabrizio Fonnesu mengatakan kepada CNN bahwa Morandi telah melakukan perubahan ilegal di gubuk tempat tinggalnya yang merupakan bekas sebuah stasiun radio sejak Perang Dunia Kedua.

Merespon tekanan untuk pindah yang ditujukan kepada Morandi, sebuah petisi yang meminta pemerintah Italia untuk mengizinkannya tetap tinggal di Budelli telah disebar dan telah mengumpulkan lebih dari 70.000 tanda tangan.

Setelah menghadapi sejumlah ancaman penggusuran selama bertahun-tahun, Morandi memutuskan untuk pergi dari Budelli, “Saya akan pergi dengan harapan bahwa di masa depan Budelli akan dilindungi karena saya telah melindunginya selama 32 tahun,” tulis Morandi pada laman Facebooknya Minggu lalu 25 April 2021, seperti yang diwartakan BBC News pada Selasa 27 April 2021.

Kepada surat kabar The Guardian, Morandi mengatakan pada hari Minggu lalu, bahwa dirinya akan pergi dari Budelli dan pindah ke sebuah flat kecil di pulau terdekat La Maddalena. Ia juga mengatakan dirinya tidak akan berubah dan akan tetap melihat laut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini