Nihil Penumpang, Maskapai Pakai Layanan Kargo Jelang Larangan Mudik Lebaran

Antara, Jurnalis · Jum'at 30 April 2021 13:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 30 406 2403161 nihil-penumpang-maskapai-pakai-layanan-kargo-jelang-larangan-mudik-lebaran-FQrWpkzFDo.JPG Ilustrasi (Foto: Antara)

PT ANGKASA Pura II Cabang Bandara Internasional Kualanamu menyebutkan bahwa maskapai komersial di bandara setempat menggunakan layanan kargo menjelang larangan mudik Lebaran pada 6-17 Mei 2021.

"Karena ketiadaan penumpang, maskapai gunakan layanan kargo menjelang Lebaran 2021," ucap Branch Manager PT Angkasa Pura Kargo Kantor Cabang Bandara Kualanamu, Hasian Sodik Dongoran.

Lonjakan aktivitas dari layanan kargo pada tahun ini di Bandara Internasional Kualanamu, kata dia, di antaranya merupakan kargo dari sejumlah maskapai komersial rute domestik.

Baca juga: Belum Ada Maskapai Pangkas Frekuensi Terbang di Bandara Kualanamu

Akibatnya, layanan kargo di Kualanamu dalam sehari yang dilayani empat kali penerbangan khusus pulang pergi meningkat dengan rerata mengangkut 160 ton.

Data produksi kargo Bandara Kualanamu hingga Selasa, 27 April 2021 terjadi peningkatan 0,46 persen di 4 bulan berjalan total 16,51 juta ton dibanding periode yang sama tahun 2020 seberat 15,39 juta ton.

"Apalagi kebijakan larangan mudik tahun ini, otomatis maskapai komersial berupaya buka kargo. Makanya, mereka bersaing pesawat kargo," ujar Hasian.

Sebelumnya, otoritas Bandara Internasional Kualanamu di Deli Serdang, Sumatra Utara menyebut, hingga kini belum ada maskapai yang memangkas frekuensi penerbangan di masa peniadaan mudik Lebaran pada 6-17 Mei 2021.

"Sejauh ini, belum ada airlines menyurati kita terkait pengurangan frekuensi penerbangan," ungkap Plt Manager Branch Communication dan Legal Bandara Internasional Kualanamu, Paulina Simbolon.

Setidaknya, lanjut dia, ada 25 rute domestik dilayani di Bandara Kualanamu, seperti Soekarno-Hatta di Jakarta, Hang Nadim di Batam, dan Juanda di Surabaya.

Ke-25 rute domestik itu menggunakan operator, di antaranya Lion Air, Batik Air, Wings Air, Garuda Indonesia, Citilink, dan Sriwijaya Air.

"Rata-rata penerbangan di Kualanamu kedatangan maupun keberangkatan untuk bulan April sekitar 80 hingga 90 per hari," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini