Skotlandia Buka Lagi Kafe dan Museum Usai Lockdown, Pengunjung Boleh 'Kopdar'

Violleta Azalea Rayputri, Jurnalis · Jum'at 30 April 2021 16:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 30 406 2403175 skotlandia-buka-lagi-kafe-dan-museum-usai-lockdown-pengunjung-boleh-kopdar-mWW49A7wJK.JPG Warga Skotlandia diizinkan melakukan pertemuan di kafe dan tempat umum pasca-lockdown (Foto: Reuters/Jason Cairnduff)

KAFE, pub, gym, museum, dan toko non-esensial di seluruh Skotlandia kembali dibuka pasca-pemberlakuan lockdown di negara tersebut.

Beralih dari level 4 ke level 3 di bawah sistem lima tingkat pembatasan virus corona Skotlandia, penduduk di seluruh negeri akan dapat menikmati kebebasan baru, kendati dengan beberapa aturan Covid-19 yang masih berlaku.

Di bawah aturan yang ditetapkan oleh pemerintah Skotlandia, penduduk dibolehkan saling bertemu tatap muka dalam kelompok hingga enam orang di tempat umum dalam dan luar ruangan, termasuk kafe dan restoran.

Penduduk di bawah usia 12 tahun tidak dihitung dalam jumlah orang atau rumah tangga yang bertemu di luar, tetapi mereka dihitung dalam pertemuan di dalam ruangan.

Baca juga: Ngeri-Ngeri Penasaran Lihat Museum Kriminal di Skotlandia

Warga Skotlandia juga dapat melakukan perjalanan ke Inggris, Wales, Irlandia Utara, Pulau Man, dan Kepulauan Channel. Pemakaman dan pernikahan akan diizinkan berlangsung hingga 50 orang dan alkohol diizinkan.

Meski begitu, anggota masyarakat masih diharapkan untuk mengikuti protokol kesehatan, termasuk menjaga jarak sosial, mencuci tangan, dan mengenakan masker jika diperlukan.

Pelonggaran pembatasan dilakukan setelah Nicola Sturgeon, Perdana Menteri Skotlandia mengumumkan pekan lalu bahwa negara tersebut akan dapat bergerak maju dalam mencabut peraturan berkat terus berhasil menekan penyebaran Covid-19 dan keberhasilan peluncuran vaksin negara tersebut.

Dalam laporan terbaru Skotlandia yang diterbitkan pada hari Jumat, pemerintah mengatakan rata-rata 220 kasus Covid-19 telah dilaporkan per hari dalam tujuh hari menjelang 22 April, menurun 12 persen dalam kasus yang dilaporkan sejak seminggu. menjelang 15 April.

"Ada 28 kasus mingguan per 100.000 dalam seminggu hingga 19 April, yang menurun sejak pekan lalu," kata laporan itu sebagaimana menyitir laman Independent.

"Ini sebanding dengan 302 kasus mingguan per 100.000 pada 8 Januari dan serupa dengan rasio kasus mingguan yang diamati pada 16 September," sebutnya lagi.

Dalam sebuah tweet pada Senin lalu, Sturgeon menyampaikan harapan terbaiknya. “Beberapa bulan belakangan ini sulit, tetapi pengorbanan Anda telah membantu menyelamatkan nyawa - terima kasih,” katanya.

“Untuk mereka yang pergi ke toko, kafe, pub hari ini - selamat menikmati!” Sturgeon melanjutkan.

Namun, dia juga memberikan peringatan seraya mengimbau warganya untuk senantiasa menjaga kesehatan dan keselamatan dengan menaati protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini