Viral Ribuan Burung Serbu Kota, Persis Seperti di Film 'The Birds'

Violleta Azalea Rayputri, Jurnalis · Sabtu 01 Mei 2021 03:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 30 406 2403599 viral-ribuan-burung-serbu-kota-persis-seperti-di-film-the-birds-2ozu0z2DsN.jpg Ribuan burung menyerbu Kota Nowra di New South Wales, Australia (9NEWS/INDEPENDENT)

LINGKUNGAN pinggiran kota di Australia diserbu ribuan burung yang bertengger di kabel listrik, mobil yang diparkir, dan berkerumun di halaman rumput dan jalan. Fenomena ini viral di media sosial.

Dalam video yang diunggah di TikTok, terlihat kerumunan besar burung menguasai jalan-jalan di Nowra, kota di kawasan pesisir selatan New South Wales atau sekitar 160 kilometer arah barat daya Sydney.

Melihat video tersebut membuat banyak warganet teringat dengan film thriller horor Alfred Hitchcock yang rilis tahun 1963, The Birds, di mana burung tiba-tiba dan dengan kasar menyerang orang-orang di California.

Baca juga: 9 Burung Predator Penghuni Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Burung-burung di Australia adalah sejenis kakatua putih yang dikenal sebagai corellas dan berasal dari Shoalhaven, di pantai tenggara New South Wales.

Menurut laporan 9NEWS, burung-burung itu sangat cerdas, tetapi juga bisa sangat merusak karena sifatnya yang nakal.

Dilansir dari INDEPENDENT, Jumat (30/4/2021), penduduk setempat tidak bisa berbuat banyak menghentikan perilaku burung-burung yang menguasai jalan, karena corellas adalah spesies yang dilindungi di Australia.

Tindakan apa pun untuk mengurangi jumlah mereka wajib mengantongi izin dari Taman Nasional dan Layanan Satwa Liar.

Ini bukan pertama kalinya corella turun dalam jumlah besar di kota-kota besar di Australia, karena mereka mencari sumber makanan dan habitat yang berbeda.

Baca juga: Asyik Main di Pantai, Seorang Balita Diserang Anjing Liar

Menurut Sean Dooley dari Birdlife Australia, corella yang berkumpul dalam jumlah melimpah diketahui lebih tidak agresif dibandingkan spesies burung beo.

“Setelah korela tiba di pantai, yang umumnya berasal dari akhir 90-an dan seterusnya, kami berpikir dalam beberapa hal terkait dengan kekeringan milenium yang mendorong mereka keluar dari kisaran normalnya, mereka baru saja berkembang pesat dalam jumlah besar dan tidak pernah pergi," kata dia kepada ABC.

Kawanan besar mungkin juga telah diusir dari habitat sebelumnya, kata Profesor Gisella Kaplan dari University of New England, menambahkan bahwa jumlah yang sangat besar mungkin bukan merupakan indikasi bahwa populasi corella meningkat.

Dia mengatakan corellas lebih suka berpindah dalam kawanan yang terdiri dari 20 hingga 30 burung, tetapi ribuan kawanan yang kuat itu bisa jadi hasil dari kawanan yang berbeda yang melarikan diri dari berbagai daerah dan berkumpul bersama.

“Dalam banyak kasus, ini terjadi ketika ada kekurangan makanan dan air yang parah atau panas yang sangat buruk sehingga mereka harus melarikan diri ke pedalaman.

“Kami perlu membantu mereka bertahan hidup karena dalam beberapa kasus bisa jadi kawanan besar mungkin merupakan jumlah total dari semua burung yang ada di negara bagian itu dan seluruh wilayah yang sangat luas itu,” tambahnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini