Gak Cuma Babi Ngepet, Ini 5 Kisah Mistis Viral Pernah Gemparkan Depok

Violleta Azalea Rayputri, Jurnalis · Jum'at 30 April 2021 21:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 30 406 2403626 gak-cuma-babi-ngepet-ini-5-kisah-mistis-viral-pernah-gemparkan-depok-T2skIEnlbp.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

KABAR mengenai tertangkapnya babi ngepet di Sawangan Depok yang menghebohkan masyarakat beberapa hari ini, terbukti hanya palsu alias hoaks. Tak hanya isu babi ngepet, beragam kisah mistis juga sempat menghebohkan Depok beberapa tahun terakhir.

Mulai dari keranda terbang hingga bola api yang terbang ke salah satu rumah. Ada juga kisah mistis lainnya yang juga viral.

Bagaimana kisahnya? Simak ulasannya berikut yang dikutip Okezone dari channel Youtube Oleng Kimax.

Baca Juga: Jepang Bakal Luncurkan Paspor Vaksin untuk Perjalanan Internasional

1. Jembatan Panus

 depok

Jembatan yang melintasi sungai Ciliwung ini menghubungkan antara kota Depok dan Jakarta. Nama jembatan ini diambil dari arsiteknya yang merupakan orang Belanda bernama "Stevanus Leander" yang disingkat menjadi "Panus". Panus kemudian menikahi seorang wanita Pribumi dan membuat jembatan tersebut pada 1917 silam. Panus yang merupakan orang Belanda tidak disukai oleh masyarakat sekitar sehingga membuatnya diusir dari desa tersebut meninggalkan istrinya sendirian. Sepeninggal suaminya, istrinya menjadi gila hingga bunuh diri terjun dari jembatan yang dibuat oleh suaminya tersebut.

“Kabarnya dari warga-warga sekitar, masih ada yang lihat si Stevanus dengan istrinya. Dia masih keliling sana katanya sambil membawa anjingnya,” kata channel Youtube Oleng Kimax.

2. Kamis Keramat

Kamis keramat adalah sebuah kepercayaan yang diyakini oleh masyarakat di salah satu kelurahan di Depok. Masyarakat ini menganggap bahwa hari Kamis adalah hari keramat dan sakral. Bahkan, mereka percaya untuk tidak melangsungkan acara-acara yang sifatnya hanya untuk bersenang-senang. Barangsiapa yang menggelar acara pada hari Kamis Keramat, maka acara tersebut tidak akan berjalan sesuai rencana. Bahkan termasuk peringatan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus.

Suganda, tokoh masyarakat setempat pernah mengungkapkan pengalaman aneh ketika menggelar upacara bendera di tanggal 17 Agustus yang bertepatan pada hari Kamis. Saat bendera sudah diikat di tali dan hendak dinaikkan ke atas tiang tertinggi, tali pengerek bendera itu tidak dapat ditarik. Hingga petugas pengerek kesulitan dan lurah pun turut serta menarik tali tersebut. Tali pun tetap tidak dapat di tarik untuk menaikkan bendera kebangsaan itu.

3. Keranda Terbang

Peristiwa yang terjadi di tahun 2016 ini sempat menghebohkan warga setempat hingga masuk media nasional. Kejadian ini bermula ketika sejumlah warga yang berada di Kelurahan Sawangan Baru, Kecamatan Sawangan, Depok melihat sebuah penampakan keranda terbang.

Menurut pengakuan warga, mereka ditampakkan oleh sosok keranda yang melayang pada dini hari tanpa ada mayat di dalamnya. Karena dianggap meresahkan, para warga bahkan telah memanggil orang pintar untuk mengusir keresahan tersebut. Pihaknya sudah memancing keranda terbang untuk keluar. Namun keranda tersebut tak mau keluar, hanya ada suara perempuan menangis minta tolong yang terdengar. Tidak hanya itu, saat dipanggil juga tercium bau tak sedap seperti bau mayat. Saat salah satu warga hendak merekam, hp miliknya panas dan rusak.

4. Bola api terbang

Pada 14 Juni 2020, media sosial dihebohkan dengan penampakan sebuah bola api yang melayang di langit Bojongsari, Depok. Pasalnya, kemunculan bola api sering dikaitkan dengan pengiriman santet. Gambar yang diunggah di media sosial ini ditanggapi oleh banyak warganet. Ada yang menyangkalnya dan mengatakan bahwa itu hanya flare gun biasa.

Sebelumnya fenomena ini juga sempat muncul pada malam pergantian tahun tepat pada pukul 00.00. Bola api tersebut kabarnya diam cukup lama di langit dan anehnya warga tak bisa merekamnya karena bola api itu selalu menghindar ketika hendak direkam.

5. Babi Ngepet

Yang terbaru ada isu tentang munculnya babi ngepet yang tertangkap di Bedahan, Depok yang viral di media sosial. Masyarakat di Bedahan meyakini bahwa babi itu adalah babi ngepet karena dalam satu bulan banyak warga resah sering kehilangan uang di malam Selasa dan malam Sabtu.

Masyarakat kemudian menyembelih babi itu karena tubuhnya mengecil. Mereka meyakini jika tidak segera disembelih, dikhawatirkan babi yang diyakini sebagai babi ngepet ini akan hilang.

Setelah membuat heboh, belakangan diketahui babi ngepet yang ditangkap adalah rekayasa. Cerita babi ngepet ini dibuat oleh salah satu warga dengan tujuan tertentu.

Hal ini terbongkar setelah polisi memeriksa sejumlah warga. Diketahui "babi ngepet" yang ditangkap adalah babi yang dibeli di market place.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini