Magelang Juga Punya Masjid Mirip Kakbah, Dindingnya dari Batu Candi Gunung Merapi

Puji Hartono , Jurnalis · Sabtu 01 Mei 2021 17:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 01 408 2403876 magelang-juga-punya-masjid-mirip-kakbah-dindingnya-dari-batu-candi-gunung-merapi-gs9eGhE6vD.jpeg Masjid Ash Shirath di Kampung Tidar Campur, Kecamatan Tidar Selatan, Kota Magelang (magelangkota.go.id)

MASJID berbentuk Kakbah bukan hanya ada di Subang dan Makassar. Kota Magelang, Jawa Tengah juga memiliki masjid replika Kakbah yang selalu ramai dengan aktivitas ibadah shalat fardhu maupun kegiatan keagamaan lainnya.

Masjid Ash Shirath yang arsitektur bangunnya mirip bangunan Kakbah di Masjidil Haram, Makkah dibangun secara swadaya oleh masyarakat. Masjid Ash Shirath berada di Kampung Tidar Campur, Kelurahan Tidar Selatan, Kecamatan Magelang Selatan.

Baca juga: Ziarah ke Masjid Berbentuk Kakbah di Makassar, Penawar Rindu Baitullah

Masjid ini berdiri di atas tanah yang diwakafkan oleh tiga orang. Bangunan masjid panjangnya 7 meter, lebar 6,5 meter dan tinggi 5,20 meter. Dindingnya terbuat dari batu candi dari Gunung Merapi.

Tak hanya itu di masjid tersebut juga ada replika Hajar Aswad hingga terdapat tulisan Asmaul Husna mengeliingi replika Kakbah.

Menurut Sagiyo, pengurus Masjid Ash Shirath, masyarakat setempat sengaja membangun masjid ini berbentuk Kakbah agar menambah daya tarik bagi jamaah atau wisatawan untuk datang memakmurkan masjid.

“(Masjid ini) dibuat tahun lalu, saat Ramadhan tahun lalu,” kata Sugiyo, Sabtu (1/5/2021).

Keberadaan masjid berbentuk Kakbah membuat warga menjadi tambah tekun beribadah dan tentunya bangga lantaran banyak wisatwan atupun warga lain yang ingin beribadah di masjid tersebut.

Baca juga: Ada Masjid Unik Berbahan Kaca Menyerupai Kakbah di Medan

“Bangga mas atas adanya masjid tersebut,” kata Waluyo, seorang tokoh masyarakat setempat.

Nah, jika anda sedang berkunjung ke Magelang, maka tak ada salahnya untuk mampir berwisata sekaligus beribadah di masjid berbentuk Kakbah ini.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini