Pengunjung Pasar Tanah Abang Membeludak, Begini Reaksi Sandiaga Uno

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 04 Mei 2021 05:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 04 406 2405130 pengunjung-pasar-tanah-abang-membeludak-begini-reaksi-sandiaga-uno-noeFArDk7b.JPG Menparekraf RI, Sandiaga Salahuddin Uno (Foto: Instagram/@sandiuno)

MEMBELUDAKNYA pengunjung Tanah Abang akhir pekan lalu turut menyita perhatian Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno. Bukan tanpa alasan, menilik foto yang viral di media sosial, ternyata banyak pengunjung yang mengabaikan protokol kesehatan.

Menanggapi hal tersebut, Sandiaga kembali mengingatkan kepada warga ibu kota untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dan tidak larut dalam euforia vaksinasi yang telah diselenggarakan pemerintah Indonesia.

"Saya mengerti Tanah Abang ini salah satu sentra ekonomi kreatif yang tersibuk di Asia karena merupakn pusat tekstil. Selain itu ada jelang hari raya Idul Fitri, biasanya warga akan berbelanja baju lebaran. Alangkah baiknya jika kegiatan tersebut dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan yang ada," terang Sandiaga.

Sebagai langkah antisipasi agar kejadian serupa tidak terulang kembali, Sandiaga mengatakan akan terus berkoordinasi dan bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, terkhusus mendorong penerapan protokol kesehatan dalam bingkai CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environmental Sustainability).

Baca juga: Garap Potensi Kuliner Nusantara, Kemenparekraf Luncurkan 'Indonesia Spice Up The World'

Terkait isu dibuk atau tidaknya tempat wisata sebagai dampak dari membludaknya pengunjung di Tanah Abang pekan laku, Sandiaga Uno menyebut keputusan berada di tangan Pemerintah Daerah dan Provinsi.

"Dibuka atau tidaknya tempat-tempat wisata di Jabodetabek, keputusan akhirnya ada di Pemda dan Pemprov, kami akan terus memfasilitasi dari segi kesiapan protokol kesehatan yang harus diterapkan dengan bingkai CHSE," tandasnya.

Sebelumnya, pengunjung Pasar Tanah Abang, sempat membeludak selama dua hari terakhir tanpa menjaga jarak. Namun, pada Senin, 3 Mei 2021 pagi, kondisi Pasar Tanah Abang berangsur normal dengan tetap masih dikunjungi warga meski tidak sesemrawut sebelumnya.

(put)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini