Sandiaga Uno Ancam Tutup Tempat Wisata yang Abaikan Prokes

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 04 Mei 2021 12:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 04 406 2405311 sandiaga-uno-ancam-tutup-tempat-wisata-yang-abaikan-prokes-9BH1w5a79P.jpg Menparekraf Sandiaga Uno di Labuan Bajo. (Foto: Heru/Okezone)

TAK bisa mudik Lebaran, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengimbau masyarakat untuk berwisata di dalam kota. Tentu ada syarat protokol Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainability (CHSE) yang harus dipatuhi.

Namun sayang, menurutnya, beberapa tempat wisata yang abai akan protokol kesehatan (prokes) belum memahami sepenuhnya pentingnya CHSE. Hal ini sangat disayangkan, namun tempat wisaa bisa berbenah agar bisa menyambut wisatawan saat Lebaran.

"Tempat wisata yang abai itu mungkin belum memahami sepenuhnya pentingnya prokes CHSE di tengah pandemi saat ini," kata Sandi dalam Extended Weekly Press Briefing di Kemenparekraf RI, Jakarta, Senin, 3 Mei 2021.

Baca Juga: Paras Cantik Pramugari Sridevi Safitri, Tinggi Semampai

chse

Ia melanjutkan, sosialisasi pentingnya memiliki sertifikat CHSE terus digencarkan seiring dengan pelaksanaan sertfikasi. Kemenparekraf secara intensif berkoordinasi dengan pemerintah daerah serta pihak-pihak terkait lainnya untuk melakukan pengawasan.

"Kami tidak segan untuk merekomendasikan penutupan terhadap destinasi yang tidak dapat menerapkan protokol kesehatan dengan baik," terangnya.

"Termasuk sanksi untuk menangguhkan sertifikat Indonesia Care jika sebelumnya destinasi tersebut telah mendapatkan sertifikasi," tambahnya.

Sandi mengatakan, diharapakan semua destinasi wisata dapat sadar pentingnya prokes CHSE. "Hal yang perlu dijalankan adalah ketegasan penerapan peraturan di lapangan."

"Untuk itu saya mengajak semua pihak untuk bersama-sama menjaga kedisiplinan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin pada liburan Hari Raya Idul Fitri (Lebaran) 2021," pungkasnya.

(dwk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini