1,4 Juta Liter Disinfektan Digunakan untuk Mensterilkan Masjidil Haram Selama Ramadhan

Indah Salsabillah, Jurnalis · Rabu 05 Mei 2021 15:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 05 406 2406031 1-4-juta-liter-disinfektan-digunakan-untuk-mensterilkan-masjidil-haram-selama-ramadhan-48IY3KYc6F.jpg Petugas membersihkan lantai sekitar Kakbah di Masjidil Haram, Makkah (Foto SPA/Al Arabiya)

LEBIH dari 70.000 liter disinfektan digunakan untuk membersihkan Masjidil Haram di Makkah setiap hari selama Ramadhan 1442 Hijriah. Ini merupakan ikhtiar serius untuk melindunginya dari COVID-19.

Sejak awal Ramadhan tercatat sudah 1,4 juta liter lebih disinfektan digunakan untuk mensterilkan masjid tertua di muka bumi tersebut.

Arab News melaporkan, Rabu (5/5/2021), angka-angka tersebut menunjukkan operasi pembersihan besar-besaran yang dikerahkan di Kerajaan Arab Saudi untuk melindungi jamaah dari virus corona.

Baca juga: Hotel di Sekitar Masjidil Haram Makkah Kembali Bisa Terima Tamu

Presidensasi umum urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi memperkenalkan protokol kesehatan ketat untuk keamanan para jamaah.

Ini termasuk jaga jarak sosial, memakai masker wajah, menyediakan jalan setapak berpemandu, stasiun sanitasi, dan hanya mengizinkan jemaah yang divaksinasi untuk masuk.

 

Selain disinfektan, sebanyak 1.500 liter parfum pembersih juga dikeluarkan setiap hari untuk disemprot di sekitar Masjidil Haram.

Beberapa tindakan pencegahan kesehatan lainnya termasuk 3.000 tempat sampah yang didistribusikan di seluruh masjid. Setiap alun-alun di Masjidil Haram dicuci 10 kali sehari.

Baca juga:  1,5 Juta Orang Kunjungi Masjidil Haram dalam 10 Hari Pertama Ramadhan

Selain itu, terdapat 200 pengawas dan 4.000 petugas kebersihan yang menjaga standar keamanan di seluruh Masjidil Haram setiap hari.

Dalam sepuluh hari pertama Ramadhan, sebanyak 1,5 juta jamaah yang mengunjungi Masjidil Haram dan jumlah itu diperkirakan akan meningkat tajam hingga 10 hari terakhir Bulan Suci.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini