Tak Cuma Furnitur, Jepara Juga Miliki Deretan Pantai Indah Loh

Suci Wulandari Putri, Jurnalis · Kamis 06 Mei 2021 09:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 05 408 2406033 tak-cuma-furnitur-jepara-juga-miliki-deretan-pantai-indah-loh-hb39qu4to6.jpg Pantai Empu Rancak. (Foto: Instagram syaviraross)

TAHUKAH Anda selain terkenal dengan seni ukiran dan kota kelahiran Kartini, Jepara juga menyimpan keindahan wisata pantai. Pemandangan indah dan siap memanjakan Anda jika berkunjung ke sana.

Di sepanjang Kota Jepara banyak pilihan pantai yang seru dikunjungi wisatawan. Dari mulai Pantai Kartini, Pantai Bandengan hingga Pantai Empu Rancak.

Lebih lanjut, berikut ini empat destinasi pantai di Jepara yang bisa Anda simak. Penasaran kan?

1. Pantai Kartini

 pantai

Pantai Kartini merupakan pantai unggulan yang ada di Kabupaten Jepara, untuk menghargai dan mengenai perjuagan RA Kartini, maka pantai ini dinamakan Pantai Kartini.

Pantai ini terletak 2,5 km ke arah barat dari Pendopo, tepatnya berada di Kelurahan Bulu, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara. Perlu Anda ketahui, selain terkenal dengan keindahan pantainya, Pantai Kartini juga menarik perhatian dengan adanya akuarium raksasa, atau Kura-kura Ocean Park.

Setelah berkunjung ke akuarium raksasa, anda dapat langsung menepi ke bibir pantai dan menikmati hamparan pasir putih yang menyambut dengan dengan deburan ombak yang tidak terlalu ganas, sehingga aman bagi para wisatawan untuk bermain air di tepi pantai.

Dikutip dari laman Disparbud Jepara, Pantai kartini juga tidak lepas dari event budaya masyarakat Jepara yang disebut Lomban. Lomban merupakan event budaya masyarakat yang berlangsung selama satu hari tepatnya pada tanggal 8 Syawal atau seminggu setelah perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Untuk masyarakat Jepara, Pantai Kartini lebih dikenal dengan sebutan “mandian”. Nama ini berasal dari kata “Pemandian” yang mengandung arti tepat pemandian. Objek wisata ini memiliki tempat pemandian yang dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit.

Untuk Anda yang ingin berkunjung ke Pantai Kartini, disarankan memilih waktu terbaik untuk berkunjung, agar mendapat pengalaman melihat pemandangan yang paling indah. Jika ingin berkunjung, Anda dapat datang pada bulan Juli hingga September, ini merupakan masa pancaroba, sehingga pemandangan yang disuguhkan pantai akan berbeda dibandingkan bulan lainnya.

Rute yang dapat ditempuh menuju ke Pantai Kartini pun bisa dibilang cukup mudah. Jika Anda naik transportasi umum, dapat berhenti di Terminal Jepara, kemudian menumpangi bus menuju kawasan pantai, setelah itu dilanjutkan dengan berjalan kaki selama 15 menit menuju gerbang pantai. Jika tidak kuat berjalan, maka dapat menumpangi ojek.

Pantai ini beroperasi 24 jam, Anda cukup merogoh kocek sebesar Rp5.000 untuk masuk ke kawasan pantai, jika Anda ingin masuk ke kawasan akuarium kura-kura, dikenai biaya Rp17.500.

Baca Juga: Viral Gambar Kakbah di Batu Hajar Aswad, Benarkah?

2. Pantai Bandengan

Pantai Bandengan teletak 7 km sebelah utara dari pusat kota, tepatnya di Desa Bandengan, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara. Pantai yang memiliki nama lain Pantai Tirto Samudro ini merupakan pantai dengan air yang jernih dan berpasir putih yang sangat cocok untuk mandi. Pantai ini juga menyuguhkan pemandangan pagi hari yang mempesona dan panorama sunset sore hari yang memukau.

Dilansir dari laman Disparbud Jepara, Pantai Bandengan ini memilki lahan yang cukup luas, yaitu sekitar 16 hektar dan sebagian besar ditumbuhi rerimbunan rumpun pandan. Kawan ini juga cocok untuk kegiatan remaja seperti berkemah, olahraga voli pantai, dan lain-lain.

Kawasan ini juga digunakan sebagai ajang motor cross dan festival layang-layang baik regional, nasional, maupun internasional. Jika tidak ingin melewatkan ajang ini, pastikan anda datang di saat ajang tersebut diadakan.

Selain menikmati keindahan pantai, pangunjung juga dapat menikmati wisata air seperti bermain jetski, banana boat, kano, dan berenang di pantai.

Objek wisata ini dapat dijangkau denga mudah dengna kendaraan umum. Hany amemakan waktu 10 menit perjalanan menggunakan transportasi sepeda motor ataupun mobil. Pantai ini berada di sebelah timur Kota Semarang, sehingga lokasinya juga tidak begitu jauh dari Kota Semarang.

Harga tiket masuk pun tergolong murah, jika datang pada hari kerja, anak-anak dikenakan biaya sebesar Rp2.000 dan orang dewasa Rp5.000. Sedangkan saat akhir pekan, anak-anak dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp3.000, dan orang dewasa Rp7.000.

3. Pantai Empu Rancak

Pantai Empu Rancak berlokasi di Desa Kadang Gondang, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara. Pengunjung yang datang akan dimanjakan dengan pemandangan air laut yang jernih dengan gradasi warna hijau tosca.

Untuk Anda yang ingin berwisata bersama keluarga, pantai ini sangat cocok karena ombak pantai Empu Rancak tergolong tidak terlalu besar, sehingga anda dan keluarga dapat bermain di bibir pantai dan menikmati segarnya ombak dengan berenang di sekitarnya.

Objek wisata pantai ini tidak hanya bersahabat untuk wisatawan yang ingin melihat keindahan pantai saja, tetapi juga bagi para pemburu kuliner laut. Di sekitar pantai yang dikelola masyarakat di sana juga menyajikan berbagai macam olahan ikan bakar maupun seafood yang tidak kalah lezat. Sehingga objek wisata ini juga dikenal dengan surganya makanan laut.

Rute yang dapat dilalui menuju pantai ini tidak terlalu sulit. Pantai ini berjarak kurang lebih satu jam perjalanan dari pusat Kota Jepara jika mengendarai sepeda motor. Harga tiket di sana pun dihitung sesuai dengan kendaraan yang dibawa. Untuk tiket masuk hari Senin-Kamis gratis, sedangkan hari lainnya untuk yang mengendarai sepeda motor Rp3000 dan yang mengendarai mobil Rp5.000.

4. Pantai Pungkruk

 pantai

(Foto: Instagram elisa_noviana2511)

Pantai Pungkruk berlokasi di Desa Mororejo, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara. Objek wisata ini berjarak sekitar 9,5 km dari pusat kota atau Alun-Alun Kota Jepara. Sama halnya dengan tiga pantai di atas, jika Anda berkunjung ke Pantai Pungkruk, Anda akan disuguhi pemandangan birutnya laut yang memanjakan mata.

Di atas birunya air laut, terdapat gazebo atap wuwungan atau rumah tradisional Joglo khas Jepara yang dapat ditempati sembari menikmati semilir angin pantai. Pengunjung pantai juga dapat menikmati kuliner seafood yang tersedia.

Pantai ini dihiasi batu karang di sudut pantai, jadi tidak memungkinkan pengunjung untuk bermain pasir di bibir pantai.

Bagi Anda yang berkunjung ke Pantai Pungkruk, maka dibutuhkan waktu sekira 18 menit perjalanan dengan mobil pribadi dari Alun-Alun Jepara melalui Jalan Jepara- Bangsri dan jalan Suwawal- Mororejo. Di perempatan lampu merah yang menujukkan Jalan Suwawal- Mororejo, lalu belok kiri, hingga 3,5 km selanjutnya akan bertemu dengan gapura Pantai Pungkruk.

Tiket masuk untuk pengunjung pun tergolong murah, untuk anak-anak pada hari biasa Rp2.000 dan orang dewasa Rp5.000. Sedangkan pada hari libur ataupun akhir pekan, anak-anak membayar tiket Rp3.000 dan orang dewasa Rp7.000.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini