5 Takjil Khas Indonesia Jadi Primadona saat Ramadan

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 06 Mei 2021 15:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 06 301 2406641 5-takjil-khas-indonesia-jadi-primadona-saat-ramadan-dcogT4ReUb.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

TAKJIL khas Indonesia tersebar dari berbagai daerah di Indonesia. Ada beragam kuliner manis seperti kolak hingga bubur sumsum.

Selama Ramadan beragam deretan kuliner manis ini bahkan menjadi primadona. Makanan ini bisa dibuat sendiri di rumah atau membelinya di pasar takjil.

Tak lengkap loh rasanya kalau tak menyantap salah satu dari lima kuliner manis berikut ini sebagai sajian takjil, ditulis Okezone, Kamis (6/5/2021).

Baca Juga: Resep Soto Betawi, Sedapnya untuk Santapan Buka Puasa!

Kolak

 kolak

Makanan ini umum ditemukan saat Ramadan. Rasanya manis, gurih dan bertekstur lembut cocok dijadikan sebagai menu berbuka puasa.

Ada banyak jenis kolak, seperti kolak pisang, ibu, candil, kolang kaling, agar-agar dan lainnya. Berbahan dasar gula merah dan santan, ditambah daun pandan yang harum sehingga semakin mengunggah selera.

Es Buah

Terbuat dari berbagai macam buah-buahan tropis, seperti apel, mangga, alpukat, nangka, anggur, semangka, hingga melon. Serta dicampur dengan bahan lainnya, yaitu agar-agar, pacar cina, rumput laut serta nata.

Tak hanya manis, rasanya segar apalagi disajikan dingin. Dessert satu ini bisa mudah Anda temukan, atau membuatnya sendiri.

Kue Jajanan Pasar

 jajanan

Ada banyak aneka kue atau jajanan pasar yang cocok dijadikan takjil, sebagai hidangan pembuka berbuka puasa.

Di antai kue putu ayu, cucur, klepon, dadar gulung, bolu kukus, nagasari, onde-onde, dan lainnya.

Bubur Sumsum

Makanan ini teksturnya lembut, rasanya juga manis dan gurih. Terbuat dari campuran tepung beras, garam, santan. Kemudian diberi kuah gula merah yang sudah dilelehkan.

Bubur sumsum cocok dijadikan sebagai menu berbuka puasa. Selain manis, makanan ini juga cukup mengenyangkan.

Es Dawet

 es dawet

Selanjutnya ada es dawet atau cendol. Minuman ini juga tak kalah menarik dan lezat untuk menu berbuka puasa.

Rasanya manis, teksturnya lembut, disajikan dingin lebih nikmat sehingga akan terasa lebih segar dan dapat meredakan rasa haus.

Sementara itu dilansir dari laman Independent, rasa manis atau gula sangat penting untuk asupan tubuh. Salah seorang dokter spesialis otak, dr Drew Ramsay mengatakan, mengonsumsi makanan manis yang mengandung gula baik untuk kesehatan otak.

"Gula sangat penting untuk kesehatan otak Anda, yang merupakan pemakan terbesar dari hal-hal manis di tubuh Anda," katanya.

Akan tetapi meski gula sangat penting untuk asupan tubuh dan otak, Anda jangan terlalu banyak mengonsumsinya.

Sesuaikan lah dengan kebutuhan, jangan sampai berujung menjadi obesitas karena terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman manis.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini