Ternyata Ini Alasan Kursi Harus Ditegakkan saat Pesawat Take Off dan Landing

Fatha Annisa, Jurnalis · Jum'at 07 Mei 2021 06:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 07 406 2406925 ternyata-ini-alasan-kursi-harus-ditegakkan-saat-pesawat-take-off-dan-landing-5mcRNyz8rt.JPG Penumpang wajib tegakkan sandaran kursi dan melipat meja di depannya saat pesawat take off dan landing (Foto: Reuters/Thomas Peter)

SERING kita bertanya-tanya mengapa saat pesawat hendak lepas landas (take off) maupun mendarat (landing) penumpang harus menegakkan kursi? Nah, seorang pramugari ini membeberkan alasan lengkapnya.

Dia adalah Kat Kamalani, seorang awak kabin yang juga pernah membocorkan 'rahasia' penerbangan melalui akun TikTok-nya. Sebelumnya, Kat membocorkan alasan pramugari kerap memerhatikan penumpang saat boarding.

Belum lama ini, Kat kembali mengunggah video dalam akun TikTok pribadinya dan menjelaskan alasan pramugari meminta penumpang menegakkan sandaran kursi saat lepas landas maupun mendarat.

“Orang selalu jengkel saat saya meminta mereka menegakkan sandaran kursi, dan ini alasannya kenapa,” ujar Kat di awal video.

Dalam video terdapat ilustrasi tiga penumpang pada kursi pesawat. Kat menunjukkan, jika sandaran kursi di depan mereka tidak tegak. Di mana kondisi itu bisa berakibat fatal saat terjadi keadaan darurat. Bahkan, keadaan tersebut dapat membunuh seseorang.

Baca juga: Terungkap, Saat Check In Pesawat Pilih Kursi Paling Depan Deh

“Jadi, tiga orang di sini, jika ada keadaan darurat, ini yang disebut dengan egress. Ini adalah jalan mereka untuk keluar dari pesawat. Dan kalau sandaran kursimu tidak ditegakkan, itu akan menghalangi jalan keluar mereka,” jelas Kat.

“Jika kebakaran terjadi atau pesawat berada di dalam air, itu akan menjadi situasi antara hidup dan mati,” tambahnya.

Pada video yang sudah ditonton sebanyak lebih dari 100 ribu kali itu Kat juga menjelaskan mengapa meja baki pada kursi penumpang harus dilipat saat pesawat lepas landas dan mendarat. Ternyata jika tidak dilipat, sama bahaya dengan tidak menegakkan kursi.

“Sama halnya dengan meja baki. Jika ini tidak dilipat, Anda tidak bisa keluar dari kursi dengan cepat,” ujar Kat.

Satu hal lagi yang menjadi perhatian Kat ialah barang bawaan di area kaki. Ketika pesawat tiba-tiba mengalami penurunan ketinggian secara drastis, barang-barang tersebut dapat mencelakai orang lain.

“Juga untuk barang bawaan atau tas di sini (di ruang kaki). Saat pesawat jatuh barang-barang itu akan terbang dan mengenai orang lain,” kata dia.

Itu mengapa Kat dan segenap rekan seprofesinya tak bosannya mengingatkan para penumpang untuk senantiasa menegakkan sandaran kursi, melipat meja baki, dan meletakkan barang bawaan di bawah kursi.

Video tersebut lantas mendapat perhatian warganet. Kebanyakan dari mereka berterima kasih karena telah berbagi informasi yang bermanfaat sehingga masyarakat jadi memahaminya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini