Peneliti Sebut Bawa Barang ke Kabin Pesawat Tingkatkan Risiko Corona

Fatha Annisa, Jurnalis · Sabtu 08 Mei 2021 07:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 07 406 2407209 peneliti-sebut-bawa-barang-ke-kabin-pesawat-tingkatkan-risiko-corona-46BIujOLM8.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

MEMBAWA barang bawaan ke kabin pesawat memang lebih praktis. Namun sayangnya di masa pandemi Covid-19 ini membawa tas atau koper ke kabin, jutsru meningkatkan risiko penularan Covid-19. Kok bisa?

Penelitian jurnal Royal Society Open Science menganalisis penyebaran virus di kabin. Penelitian menyatakan, alasannya sangat sederhana. Bila Anda mengangkat koper ke bagasi kabin, begitu juga dengan penumpang lainnya, ternyata sangat berisiko sulit menjaga jarak.

bagasii

Baca Juga: Terungkap, Saat Check In Pesawat Pilih Kursi Paling Depan Deh

Sebabnya, kabin pesawat cukup sempit dan sesama penumpang bisa saling bersenggolan. Apalagi kalau kedapatan bertemu penumpang yang tidak sabaran.

“Hasil kami menunjukkan bahwa prosedur naik pesawat sebelumnya sudah lebih buruk dari yang seharusnya, prosedur naik pesawat baru justru semakin memperburuk risiko infeksi dengan meningkatkan jarak kedekatan sosial.” dilansir Thesun.

Sehingga Anda disarankan untuk tidak meletakkan barang di kabin bagasi pesawat saat bepergian. Tapi menggantinya dengan meletakkan barang di bawah kompartemen kursi penumpang.

"Melarang penggunaan kompartemen di atas kepala untuk menyimpan bagasi, dan menyimpan di tempat yang lebih aman yang dapat mengurangi kemungkinan infeksi.”

Selain itu, ada cara lain agar Anda tidak tertular infeksi virus saat bepergian dengan pesawat. Seorang pramugari telah memperingatkan Anda tidak boleh bersandar di jendela pesawat, karena alasan yang agak menjijikkan.

Ini juga bukan satu-satunya hal yang harus dihindari di pesawat, meja nampan sering disebut sebagai salah satu tempat paling kotor karena jarang dibersihkan di antara penerbangan. Tidak hanya orang menggunakannya untuk makan, tetapi beberapa penumpang bahkan ketahuan menggunakannya sebagai meja ganti untuk bayi mereka, atau meletakkan kaki telanjang di atasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini