Kenapa Pramugari Jarang Melewati Pemeriksaan di Bandara? Simak Jawabannya

Fatha Annisa, Jurnalis · Senin 10 Mei 2021 07:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 09 406 2407976 kenapa-pramugari-jarang-melewati-pemeriksaan-di-bandara-simak-jawabannya-uuw1VcF6AC.jpg Ilustrasi pramugari (Freepik)

SAAT naik pesawat, pernahkah Anda melihat awak kabin atau pramugari dan pilot menjalani pemeriksaan keamanan bersama penumpang misalnya lewat pintu pemindaian x-ray di bandara?

Kat Kamalani, pramugari juga vlogger yang tinggal di Amerika Serikat mengungkapkan jawabannya lewat video yang diunggah ke TikTok.

Baca juga: Gegara Sampah, Pramugari Diserang Penumpang hingga Terluka dalam Penerbangan

Kat telah memposting sejumlah rahasia dan tips tentang pesawat di media sosial. Baru-baru ini, ia menjelaskan bagaimana penumpang bisa mendapatkan minuman gratis dan miles saat bepergian. Sekarang ia kembali dengan klip lain.

"Pernahkah Anda berada di bandara dan berpikir di mana semua pramugari dan pilot? Mengapa mereka tidak melewati pengecekan keamanan? Aku akan memberitahumu kemana sebenarnya kita pergi,” kata Kat dalam videonya.

Melansir dari The Mirror, Minggu (9/5/2021), Kat menjelaskan pengalamannya sebagai awak kabin saat bepergian di mana tak melewati pemeriksaan keamanan bersama penumpang.

Menurutnya, setiap awak kabin yang sudah ditetapkan sebagai kru sebuah penerbangan, maka ia akan menjalani pemeriksaan menyeluruh dan detail.

Baca juga: Pegang Payudara Pramugari, Eks Pramugara Didenda Rp173 Juta

Karena sudah diperiksa dan steril, maka mereka tidak perlu menjalani pemeriksaan ulang di bandara pada jalur penumpang. Mereka punya jalur khusus untuk dicek lencananya dan akses masuk ruang tunggu hingga pesawat.

"Jadi, di sebagian bandara besar, kami memiliki sesuatu yang dikenal sebagai K.C.M atau Known Crew Member. Ketika kami resmi menjadi pramugari, kami melakukan pemeriksaan latar belakang yang ekstensif dan menyerahkan sidik jari kami. Ini adalah proses menyeluruh,” jelas Kat.

“Jadi kami dapat melewati pintu kecil rahasia, menunjukkan lencana kami dan menunjukkan KCM. Semua itu dipindai dan kami bisa langsung berjalan, tidak perlu melakukan pengecekan lebih lanjut,” sambungnya.

Namun, ada beberapa pengecualian untuk aturan ini.

"Ada kalanya kita tidak bisa melakukan ini," Kat menambahkan.

"Jika Anda melihat awak pesawat melewati bagian keamanan, terkadang kami dipilih secara acak. Saat kami memindai lencana kami penugas akan mengatakan Anda harus melalui keamanan. Maka kami berjalan ke depan untuk melewati pengecekan keamanan seperti penumpang lain.”

ilustrasi

Keistimewaan yang didapat pramugari lainnya adalah, aturan tiga ons atau aturan yang melarang lebih dari tiga ons barang berupa liquid dibawa ke bagasi kabin tidak berlaku.

"Tapi kita bisa melewati aturan tiga ons (untuk barang berupa cairan yang dibawa ke kabin). Kita diperbolehkan membawa barang berbentuk liquid lebih banyak dari itu,” ujarnya.

Lebih dari 372.000 orang telah menonton video tersebut, dengan lebih dari 64.000 orang menyukainya. Banyak penonton yang terkejut dengan informasi ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini