Demi Viral, Pria Ini Menjilat Makhluk Beracun, Tak Sadar Nyawanya Terancam

Fatha Annisa, Jurnalis · Senin 10 Mei 2021 04:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 09 406 2408012 demi-viral-pria-ini-menjilat-makhluk-beracun-tak-sadar-nyawanya-terancam-j4N3F3lOpz.jpg Pria menjilat ubur-ubur (TikTok @alexa_reed2/Mirror)

AKSI dilakukan pria ini sangat berbahaya. Dia menjilat ubur-ubur portugis yang dikenal salah satu hewan laut beracun dan mematikan saat membuat sebuah video klip yang diunggah ke TikTok. Sang traveler tak sadar aksinya itu mengancam nyawa.

Dalam video yang viral tersebut terlihat bahwa ubur-ubur terdampar di pantai dengan tubuh seperti balon transparan dan berwarna biru, serta tentakel panjang di bawahnya. Hewan berlendir itu menarik perhatian pria pengguna akun TikTok Alexa_reed2.

Baca juga: Ubur-Ubur Beracun Paling Mematikan di Dunia Serang Pengunjung Pantai

"Lihat teman-teman, ubur-ubur masih ada di sini," katanya sambil mendorongnya dengan jari, mengomentari betapa dingin dan berlendirnya ubur-ubur itu dalam video direkamnya.

"Saya akan mengambilnya," lanjut dia sebagaimana dilansir dari Mirror, Minggu (9/5/2021).

“Seperti inilah kelihatannya. Ya, ini ubur-ubur, lihat seberapa besar. Dan masih bergerak. Ya Tuhan, saya akan menjilatnya,” ucapnya sambil menggamit makhluk itu.

Dia sepertinya tidak tahu makhluk itu merupakan portuguese man o’war atau ubur-ubur portugis yang juga dijuluki floating teror atau peneror yang mengambang. Hewan tersebut diketahui dapat membunuh manusia.

Meskipun jarang manusia terbunuh oleh racun yang dimilikinya untuk melumpuhkan dan membunuh mangsa, sengatan ubur-ubur dapat menyebabkan bekas luka pada kulit, membuat korban mati rasa selama berhari-hari setelah tersengat.

Baca juga: Tiktoker Ini Viral Usai Klaim AS-Rusia Bisa Ditempuh 20 Menit Jalan Kaki

Postingan tersebut dibalas oleh Mndiaye_97, yang membagikan video informatif tentang alam dan memperingatkan orang lain untuk tidak meniru apa yang telah mereka lihat.

"Inilah mengapa wanita hidup lebih lama dari pria, seperti ini,” katanya. “Itu bukan ubur-ubur, melainkan portuguese man o’war, juga dikenal sebagai botol biru dan teror mengambang.”

"Ini adalah spesies siphonophore yang dipersenjatai dengan jutaan sel penyengat eksplosif yang cukup kuat untuk membuat nemo menjadi yatim piatu dan terkadang membunuh seseorang.”

Ia mengatakan bahwa hewan berwarna cantik itu sering menyengat turis maupun wisatawan lokal di pantai Australia. Sengatannya dapat meninggalkan bekas dan racunnya dapat memicu reaksi berbahaya bagi tubuh.

"Portuguese man o’war bertanggung jawab atas hingga 10.000 sengatan setahun di Australia. Racunnya dapat menyebabkan rasa sakit yang menyiksa hingga tiga hari, meninggalkan bekas luka yang mengerikan seperti cambuk sebagai suvenir.”

"Tapi sejujurnya, Anda beruntung jika hanya itu yang Anda dapatkan karena racunnya bisa memicu reaksi seperti alergi yang mengakibatkan tenggorokan bengkak, masalah jantung dan kesulitan bernapas. Anda bisa mati lemas.”

ilustrasi

Fakta menarik lain yang disampaikan akun Mndiaye_97 adalah portuguese man o’war tidak hanya bisa membunuh. Tentakel yang telah terpisah dari tubuhnya bahkan masih mengandung racun yang cukup untuk melumpuhkan manusia.

Meski dengan penanganan cepat sengatnya tidak berakibat sangat fatal, namun rasa sakit yang didapat korban tergolong parah.

“Tersengat portuguese man o’war bukanlah hukuman mati. Jika ditangani dengan cepat, korban sengatannya dapat bertahan. Namun, rasa sakit yang didapat mungkin akan membuat Anda berharap tidak pernah disengat olehnya.”

Jadi, mungkin yang terbaik adalah tetap berpegang pada aturan untuk tidak menjilat makhluk laut tak dikenal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini