Turis Terjebak di Jembatan Kaca yang Rusak Diterjang Angin, Netizen Heboh

Violleta Azalea Rayputri, Jurnalis · Selasa 11 Mei 2021 00:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 10 406 2408531 turis-terjebak-di-jembatan-kaca-rusak-diterjang-angin-netizen-heboh-ujALR2tA75.jpg Seorang turis terjebak di sebuah jembatan kaca di China (Foto Weibo)

SEORANG turis terjebak di jembatan kaca yang rusak karena diterpa angin kencang. Peristiwa terjadi di sebuah resor di Gunung Piyan, Kota Longjing, Provinsi Jilin, China tersebut, meningkatkan kekhawatiran publik atas keamanan jembatan kaca yang semakin banyak di seluruh negeri.

Xinhua melaporkan bahwa beberapa potong kaca dek jembatan setinggi 100 meter di Gunung Piyan lepas tertiup angin dengan kecepatan hingga 150 kilometer per jam, Jumat 7 Mei 2021 sekitar pukul 12.45 sore waktu setempat.

Baca juga: Menjelajahi Destinasi Wisata Kuliner Halal Bersejarah di China

Pada saat bersamaan ada seorang wisatawan berada di jembatan. Karena kacanya sudah terlepas dari rangka dan jembatan sudah bolong, pria itu akhirnya merangkak menuju tempat aman di bawah pengawasan tim penyelamatan gabungan petugas pemadam kebakaran, polisi, petugas kehutanan dan pariwisata.

Turis itu kemudian dibawa ke rumah sakit dan menerima konseling psikologis atas kejadian menegangkan tersebut.

Melansir dari The Strait Times, Senin (10/5/2021), meski tidak ada laporan korban jiwa, tapi insiden tersebut telah menarik banyak komentar oleh warganet. Ada empat juta lebih penayangan di Weibo.

“Inilah kenapa saya tidak berani menginjak jembatan seperti itu,” tulis seorang netizen dengan akun Wadetian.

"Seberapa sering jembatan itu menjalani perawatan?" netizen lain bertanya.

Baca juga: Geliat Pusat Wisata Kuliner dan Suvenir Muslim Uighur China

Jembatan kaca menjadi semakin populer di resor pegunungan di China sebagai cara untuk menarik wisatawan yang mencari hal baru dan petualangan.

Menurut majalah Earth yang diterbitkan oleh Geological Museum of China, setidaknya 60 jembatan kaca telah atau sedang dibangun di seluruh negeri pada akhir 2016.

Di provinsi pegunungan seperti Jiangxi, Hunan, dan Yunnan, jembatan kaca sangat umum digunakan. Yang paling terkenal adalah di Zhangjiajie, tujuan wisata di Hunan, di mana jembatan sepanjang 430m, lebar 6m tergantung 300m di atas tanah di antara dua tebing curam.

"Begitu banyak jembatan kaca telah dibangun dalam beberapa tahun terakhir dan sangat populer di kalangan wisatawan. Tapi bagaimana kita bisa memastikan keamanannya?" tanya seorang warganet bermarga Li, yang diidentifikasi sebagai dokter di Provinsi Sichuan, China barat daya.

Beberapa pemerintah daerah telah menetapkan pedoman untuk mencegah potensi bahaya. Provinsi Hebei China Utara dirilis pada tahun 2018 standar teknis untuk jembatan kaca dan jalan setapak di area berpemandangan indah, memberikan pedoman khusus untuk bahan, lokasi, desain, konstruksi, serta penggunaan jembatan dan jalan setapak tersebut.

Ilustrasi

Jembatan kaca tidak boleh dibangun di daerah dengan aktivitas seismik tinggi dan harus ditutup selama cuaca buruk dan bencana alam, dan jumlah pejalan kaki di jembatan dan jalan setapak tersebut akan dibatasi tidak lebih dari tiga per meter persegi, menurut pedoman.

Resor Gunung Piyan sekarang telah ditutup. Pemerintah kota Longjing akan melakukan pemeriksaan keamanan menyeluruh terhadap semua tempat wisata, dan penyelidikan kasus sedang dilakukan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini