5 Kuliner Khas Betawi saat Lebaran, Nyok Kite Makan!

Mila Widya Ningrum, Jurnalis · Rabu 12 Mei 2021 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 11 301 2409151 5-kuliner-khas-betawi-saat-lebaran-nyok-kite-makan-4YV0UMqQg8.jpg Ketupat sayur Betawi (nasiudukbetawicom)

MERAYAKAN Idul Fitri tak lengkap rasanya jika tanpa mencicipi makanan khas daerah bersama keluarga. Tradisi ini juga kental di kalangan masyarakat DKI Jakarta khususnya Betawi.

Ada sejumlah makanan khas yang sering jadi santapan bareng orang-orang terdekat saat kumpul-kumpul di Hari Kemenangan.

Baca juga: Wisata Kuliner di Bekasi, 5 Makanan Khas Ini Patut Dicoba

Berikut 5 makanan khas lebaran di Jakarta yang biasa disuguhkan masyarakat Betawi seperti dikutip dari laman pusat.jakarta.go.id :

Ketupat Betawi

Ketupat yang menjadi pelengkap hidangan saat di hari raya, tidak hanya di Jakarta ketupat juga merupakan makanan yang disantap hampir semua daerah di Indonesia.

Namun, ketupat Betawi memiliki keunikan tersendiri. Karena ketupat Betawi ini biasa disajikan dengan sayur godok yang terbuat dari papaya muda dan dilengkapi dengan semur daging dan sambal.

Semur Daging

Semur yang cocok dihidangkan dengan ketupat ini merupakan makanan khas dari Jakarta yang menggunakan bahan utama daging sapi yang telah dipotong.

ilustrasi

Yang unik dari semur daging Betawi ini yaitu penggunaan dua bumbu, bumbu tumis dan bumbu pelumur yang membuat semur betawi menjadi lebih nikmat dan kaya akan cita rasanya yang akan menggugah selera semua orang.

Akar Kelapa

Sama seperti nastar yang menjadi kue favorit semua orang saat lebaran, masyarakat Betawi di Jakarta pun mempunyai akar kelapa, bentuknya yang menyerupai akar kelapa membuat kue ini disebut sebagai kue akar kelapa.

Baca juga: Aneka Macam Lontong Sayur di Indonesia, Mana Kesukaanmu?

Terbuat dari adonan tepung beras, santan, wijen dan gula pasir yang dimasak hingga bertekstur garing dan renyah dipadu dengan cita rasa yang manis ini merupakan salah satu kue wajib yang ada saat lebaran di Jakarta.

Tape Uli

Tape uli, terdiri dari dua jenis makanan yaitu uli yang terbuat dari ketan putih yang ditumbuk dan juga tape yang terbuat dari ketan hitam yang sudah difermentasikan dengan ragi.

Perpaduan rasa manis, dan sedikit rasa asam dari tape tetapi tetap segar menjadikan menu ini menjadi sajian yang pas untuk dihidangkan saat hari raya.

ilustrasi

Dodol Betawi

Dodol betawi ini dibuat dari ketan hitam, gula aren, dan santan. Lalu harus diaduk dengan pengaduk kayu menggunakan tangan, proses membuat dodol pun butuh waktu yang sangat lama.

Cita rasa kenyal dan manis dari dodol ini menjadi makanan khas lebaran di Jakarta. Dodol ini pun makanan dari percampuran dua budaya, yaitu Tionghoa, dimana orang-orang Tionghoa di Indonesia membuat kue keranjang yang dikenal dengan “dodol cina” saat perayaan Imlek.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini