174 Objek Wisata di Kuningan Tetap Beroperasi Selama Libur Lebaran

Wisnu Yusep, Jurnalis · Selasa 11 Mei 2021 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 11 406 2408964 174-objek-wisata-di-kuningan-tetap-beroperasi-selama-libur-lebaran-SGC06Bdec1.jpg Situ Cicerem atau Telaga Biru Kuningan (Instagram @girlstraveler)

PEMERINTAH Kabupaten Kuningan, Jawa Barat tetap mengizinkan objek wisata buka selama libur Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah atau Lebaran 2021, dengan memperketat penerapan protokol kesehatan.

"Di Kuningan, (objek wisata) tetap buka sampai lebaran dan setelahnya dengan mengedepankan protokol kesehatan yang super ketat," kata Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kuningan, Toto Toharudin, Selasa (11/5/2021).

Baca juga:  Telaga Biru Cicerem, Danau Cantik Sebening Kaca Bikin Terpesona

Kuningan sedikitnya punya 174 tempat wisata yang sering dikunjungi wisatawan. Menurut Toto, semuanya tetap buka, sebagian mewajibkan pengunjung menjalani rapid test antigen negatif COVID-19.

"Yang termasuk data ada 174, daya tarik wisata. Jadi kita buka dengan ketat protokol kesehatan, tapi ada juga yang wajib dirapid antigen di tempat wisata indor," ujarnya.

Toto mengatakan, keputusan objek wisata tetap boleh buka selama libur Lebaran 2021, berdasarkan hasil rapat bersama antarkepala daerah.

"Berdasarkan kesepakatan kepala dinas se-Jawa Barat bahwa yang dilarang itu yang zona merah, Kabupaten Bandung Barat dan Tasikmalaya. Sementara untuk yang oranye kebijakan gubernur akan dibuka, tapi terlebih dahulu akan berkordinasi dengan Polda Jabar kaitannya instruksi Kapolri yang mengharuskan zona merah dan orange harus tutup," kata Toto.

 

Tapi, dalam rapat itu, kata Toto ada kebijakan di Jabar rencananya zona orange tetap buka. Namun, pihaknya tetap akan konsultasi terlebih dulu ke Polda Jabar.

"Ditengah itu makanya Disparbud Jawa Barat akan melaksanakan persiapan antigen bagi pengunjung wisata secara acak. Kita sampelnya di Waduk Darma. Nanti di sampling lagi tanggal 15-16 pasca lebaran," jelas dia.

Baca juga:  Liburan ke Bogor saat Lebaran, Warga Luar Wajib Punya Hasil Swab!

Selain itu, lanjut Toto, kebijakan aglomerasi yang disepakati para kepala daerah di wilayah Ciayumajakuning juga jadi rujukan bahwa objek wisata tetap diperbolehkan buka, dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Jadi wisatawan hanya perlu menunjukkan KTP saja, tidak perlu menunjukkan keterangan lain. Jadi aman, begitu juga warga Kuningan yang mau ke Cirebon, Indramayu, Majalengka juga sama cukup bawa KTP," beber dia.

Kalaupun ada wisatawan atau pemudik dari luar daerah Ciayumajakuning, kata Toto, maka nantinya harus bisa menunjukan surat bebas Covid-19 maupun surat hasil swab antigen.

"Kalau dari luar daerah dilihat dulu apakah memang benar pemudik atau berwisata. Kalau mau wisatawan harus bawa surat hasil antigen, kalau dia nginap di Kuningan tunjukkan reservasi hotel tempat menginap," ungkapnya.

 ilustrasi

Bila nanti ada pemudik yang tidak bisa menunjukan berkas-berkas yang diminta, kata Toto, pihak tidak bisa mengambil langkah-langkah tegas seperti pengusiran.

"Sebenarnya gak bisa, kecuali yang sudah menunjukkan hasil swab, kan akan di periksa di penyekatan, kalau sudah sampai disini kan manusiawi juga masa mau diusir," ungkap dia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini