5 Tempat Wisata Lebaran di Jawa Timur, Jangan Lupa Mampir Ya!

Fatha Annisa, Jurnalis · Selasa 11 Mei 2021 15:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 11 408 2409001 5-tempat-wisata-lebaran-di-jawa-timur-jangan-lupa-mampir-ya-hy4NXZjtPU.jpg Milenial Glow Garden. (Foto: Instagram deorinasir)

TEMPAT wisata Lebaran di Jawa Timur siap memanjakan wisatawan dari mana saja. Di sana terdapat taman rekreasi hingga wisata alam indah seperti pantai.

Setiap tempatnya juga menawarkan keunikan dan daya tarik tersendiri. Selama pandemi ini, ada baiknya juga memilih objek wisata yang berada di tempat terbuka dengan sirkulasi udara yang baik.

Selama liburan selalu patuhi protokol kesehatan. Jangan sampai momen bahagia bersama sanak keluarga maupun kerabat terdekat menjadi malapetaka.

Nah Okezone punya 5 tempat wisata Lebaran di Jawa Timur yang bisa jadi destinasi liburan Anda. Dikumpulkan dari beberapa sumber, simak ulasannya, yuk!

Baca Juga: Ancol Buka saat Libur Lebaran, Batasi Pengunjung 36.000 Orang Per Hari

Kenjeran Park

kenjeran

(Foto: Instagram 1096ariel)

Berlokasi di Jalan Sukolio, Desa Sukolio Baru, Kecamatan Bulak, Kota Surabaya. Kenjeran Park merupakan kawasan wisata keluarga yang tergolong ekonomis. Hanya dengan Rp5.000 pengunjung sudah dapat berkunjung ke tempat wisata ini. Namun ada biaya tambahan sebesar Rp30.00 - Rp35.000 jika Anda ingin masuk ke wahana air Waterpark Kenjeran dan Rp75.000 - Rp100.000 untuk masuk ke Atlantis Land.

Dibalik harga tiket yang tidak akan buat kantong menangis, Kenjeran Park menawarkan pengalaman liburan yang tidak akan terlupakan. Di sana, tepatnya di kawasan Atlantis Land, terdapat tempat peribadatan Budha dan Konghucu seperti Pagoda Tian Ti, Patung Budha Empat Wajah, Klenteng Sanggar Agung dan PAtung Dewi Kawan Im. Tempat-tempat itu biasanya menjadi spot foto favorit pengunjung.

Salah satu spot paling ikonik di Kenjeran Park adalah sepasang patung naga raksasa dengan pemandangan laut jadi latar belakangnya. Berfoto di tengah dua naga tersebut adalah sebuah kegiatan wajib bagi siapa saja yang berkunjung ke Kenjeran Park. Ada pula patung yang menyerupai phra phrom di Bangkok, Thailand.

Jatim Park

 jatim

(Foto: Instagram yan_creator)

Siapa yang tidak mengenal Jatim Park? Kawasan wisata paling populer di Jawa Timur ini tepatnya berada di Kota Batu atau sekira 20 kilometer dari Kota Malang. Pertama kali dibuka pada Desember 2001, kepopuleran yang tidak ada surutnya membuat Jatim Park memperluas lagi kawasannya. Kini kompleks Jatim Park dibagi menjadi 3 yaitu Jatim Park 1, Jatim Park 2, dan Jatim Park 3.

Jatim Park 1 memiliki slogan Taman Belajar dan Rekreasi. Di sini ada sekiranya 53 wahana permainan seperti wahana roller coaster, Tornado, Sky Ride, dan sebagainya. Tak hanya itu, Jatim Park 1 juga memiliki Galeri Etnik yang menyajikan informasi mengenai suku-suku di Indonesia, Indonesia Heritage Museum dimana pengunjung dapat melihat koleksi topeng dan senjata khas Indonesia, dan Science Center.

Cukup berbeda dengan Jatim Park 1, Jatim Park 2 mengkhususkan kawasannya untuk pecinta satwa. Ada 3 bagian kawasan di sini, yakni Museum Satwa, Batu Secret Zoo, dan Eco Game Park. Pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan satwa yang menggemaskan di Batu Secret Zoo. Jika sudah bosan melihat satwa, langsung saja mengunjungi Museum Angkut yang masih berada di kawasan Jatim Park 2.

Sementara Jatim Park 3 dikenal juga dengan nama Dino Park. Di taman ini pengunjung disuguhkan pengetahuan-pengetahuan tentang kehidupan dinosaurus dan kerangka hewan purbakala itu di Museum Dino. Anda juga diajak melihat sejarah kehidupan mereka dengan menaiki kereta 5 Zaman.

Taman Wisata Mangrove Wonorejo

Menempati area seluas lebih dari 800 hektar, Taman Wisata Mangrove Wonorejo menjadi destinasi liburan yang tidak akan membuat Anda bosan. Berada di Jalan Raya Wonorejo No. 1, Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya, tempat wisata ini menawarkan pengalaman menjelajah rawa mangrove dengan perahu atau melalui jogging track yang sudah disediakan.

Fasilitas penunjang yang ada di Ekowisata Mangrove Wonorejo tergolong lengkap. Pengunjung dapat memancing di kolam pancing, bersantai di pendopo, hingga menikmati kudapan ringan di kantin yang disiapkan pihak pengelola.

Pantai Klayar

 klayar

Pantai Klayar berada di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Jaraknya 40 kilometer dari pusat Kota Pacitan. Pantai ini dikenal dengan pasir putih dan panorama sekelilingnya yang dipenuhi oleh perbukitan karang. Ombak yang cukup besar akan menabrak batu karang tersebut dan menciptakan pemandangan menakjubkan.

Di sini juga dikenal dengan fenomena alam berupa suara mirip siulan dari deburan ombak dengan ketinggian hingga 10 meter yang masuk ke celah di baru karang. Fenomena ini dinamakan seruling laut. Sayangnya, untuk alasan keamanan dan keselamatan pengunjung tidak diperbolehkan berenang di Pantai Klayar.

 

Gua Gong

Pacitan adalah wilayah yang dikelilingi oleh pegunungan kapur, membuat daerahnya dikatakan gersang dan tidak subuh. Namun terlepas dari itu, Pacitan dianugerahi keindahan alam di bawah permukaan alamnya misalnya Gua Gong. Siapa sangka jika gua ini menyandang predikat gua paling indah se Asia Tenggara?

Di dalam Gua Gong tersaji deretan formasi terpadu dari stalaktit dan stalakmit yang sungguh eksotis. Didukung oleh keseriusan pihak pengelola, Gua Gong menjadi semakin indah dan menawan dengan tambahan lampu beraneka warna yang membuat stalakmit serta stalakmit terlihat berwarna-warni. Tepat di ujung lorong gua terdapat ruangan raksasa sepanjang 100 meter dengan lebar antara 15 hingga 40 meter dan tinggi kurang lebih 20 sampai 30 meter yang akan membuat Anda menatap takjub.

Sedangkan nama gua sendiri tiambil dari kisah mistis yang sempat meresahkan masyarakat lokal. Di malam hari konon warga sering mendengar suara tabuhan menyerupai alat musik gong dari dalam gua. Ada juga prasangka yang mengatakan bahwa di salah satu ruangan gua ada batu yang dapat mengeluarkan bunyi menggema seperti suara gong.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini