Grebeg Syawal, Sebuah Tradisi Lebaran di Yogyakarta yang Tak Lekang Waktu

Suci Wulandari Putri, Jurnalis · Kamis 13 Mei 2021 11:12 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 12 406 2409604 grebeg-syawal-sebuah-tradisi-lebaran-di-yogyakarta-yang-tak-lekang-waktu-6PwTA6lbA0.jpg Tradisi Grebeg Syawal. (Foto: Menpangoid)

YOGYAKARTA memiliki sebuah tradisi yang unik dan menarik saat Hari Raya Idul Fitri. Tradisi ini disebut dengan Grebeg Syawal.

Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk rasa syukur Sultan atas hadirnya Hari Raya Idul Fitri setelah sebulan lamanya menunaikan ibadah puasa Ramadan. Dalam tradisi ini, nantinya akan membawa gunungan untuk diarak dan dibagikan kepada masyarakat.

 grebeg

(Foto: Harian Jogja)

Baca Juga: Sandiaga Uno Ngabuburide ke Ancol: Masuknya Registrasi Online dan Tunjukkan KTP DKI

Gunungan disebut juga dengan hasil berkah bumi, dan menjadi momen yang ditunggu masyarakat saat kegiatan grebeg syawal dilakukan. Dilansir dari laman Kementerian Pendayaan Aparatur Negara dan Reformasi, tradisi ini sudah dilakukan secara turun temurun dan telah berlangsung selama ratusan tahun.

Sebelum diberikan kepada rakyat, gunungan akan diarak terlebih dahulu mulai dari Pagelaran Keraton Yogyakarta menuju halaman Masjid Agung di Kauman. Di Masjid ini, gunungan akan didoakan kebaikan, kesejahteraan, kemakmuran, dan kebahagiaan oleh Kyai Penghulu dan para ulama keraton.

Usai berdoa, gunungan kemudian dilepas untuk diperebutkan oleh masyarakat. Bagian rebutan adalah suasana yang menyenangkan dan ditunggu-tunggu. Kegiatan ini dimulai jam 10 pagi usai salat ied, biasanya ribuan orang sudah berduyun-duyun mendatangi Alun-Alun Utara, sebagai tempat berlangsungnya upacara grebeg syawal (grebeg gunungan).

Namun sayangnya, adanya pandemi corona membuat tradisi ini diberhentikan sementara. Keraton Yogyakarta meniadakan tradisi grebeg Syawal ini demi menghindari kerumunan untuk mencegah penularan virus corona.

Traveler pun tentu akan merindukan momen ini karena suasananya meriah dan masyarakat guyub rukun mengikuti jalannya Grebeg Syawal di Hari Kemenangan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini